Pengaturan Membuat Media Cetak

Dalam segi konsep & proses mengerjakan desain media iklan cetak atau pun media iklan digital  tidak ada hal yang berbeda. Tapi ada beberapa Pengaturan Media Cetak yang wajib di kita persiapkan pada awal .

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan peraturan dasar yang saya gunakan dalam merancang desain media cetak .

1. Ukuran Media

Mengetahui ukuran media yang ingin kita cetak dari awal sangat penting bila kita tidak mempersiapkan hal ini dari awal , Maka besar kemungkinan kita mendapatkan hasil printing berkualitas rendah / pecah .

contoh gambar diatas saya membuat banner outdoor ukuran 100x100cm & voucher ukuran 9×5 cm , Maka saya pun menyesuaikan ukuran Artboard dalam software grafis dengan ukuran akhir media cetak .

2. Dimensi Centimeter / Meter / Milimeter

Pengaturan membuat media cetak yang kedua adalah Gunakan dimensi metric( cm / meter / mm) untuk memastikan kita merancang ukuran desain yang sesuai.

3. Color Mode CMYK

Mengatur mode warna menjadi CMYK tidak hanya mode pada saat editing, tapi pastikan saat kita export gambar aktifkan juga mode warna CMYK .

Bila hal ini kita terlupa sudah dipastikan hasil warna media cetak akan berbeda jauh dengan warna di layar monitor .

3. Resolusi 300ppi

Mengatur kualitas resolusi gambar saat export menjadi 300 ppi . Untuk informasi Layar monitor standar memiliki Resolusi 72ppi yang artinya jumlah kepadatan pixel dalam gambar .

Mesin cetak menggunakan standard resolusi 300ppi , maka kita harus menyiapkan file / gambar yang ingin kita cetak dengan kualitas yang tinggi .

4. Jangan Menggunakan Gradasi

Saat merancang desain media cetak jangan gunakan warna Gradasi karena sudah bisa dipastikan hasil akhir media cetak tidak dapat seperti hasil di dalam layar monitor .

Bila ingin bermain dengan kombinasi warna gunakan teknik Shading secara manual .

peraturan membuat media cetak

5. Mengatur Margin

Disaat kita mengerjakan media cetak maka kita akan melakukan proses cutting , dan tentu saja kita tidak ingin desain yang sudah kita desain terkena potong.

Untuk hal itu saya membiasakan sebelum memulai mengatur ukuran margin seperti cutting area , spine dan safe area .

Cutting area . adalah area yang kemungkinan terkena potong untuk ukuran jaraknya pun beragam dari 1 mm hingga 5 mm .

Spine . adalah area tulang atau frame untuk ukuran jaraknya pun beragam tergantung frame banner yang ingin digunakan .

Safe area. lokasi kita menaruh desain visual yang terkena potong / tekuk / tutup .

margin membuat media cetak

Hasil Warna Media Cetak Berbeda Dengan Tampilan Monitor

Hasil akhir media cetak akan sangat berbeda dengan tampilan desain yang kita lihat di layar monitor , Kecuali bila kita memiliki alat kalibrasi khusus untuk mengatur warna pada layar monitor dan tinta yang digunakan mesin cetak .

Tanpa alat kalibrasi khusus maka kita tidak dapat mendapatkan hasil warna yang benar-benar menyerupai warna tampilan monitor .

Belum lagi perbedaan material yang digunakan ( kertas , ketebalan kertas , kain , canvas , dsb dsb ) berbeda material maka reaksi pigmen warna yang dihasilkan pun akan berbeda-beda .


Baca juga artikel yang terkait membuat media promosi digital

Saya secara reguler membuka Kelas Desain Grafis Di Bandung dimana dalam 8 minggu saya membagikan metode pembelajaran desain grafis & ilmu marketing : Creator Design Class

download file latihan desain grafis h3ndy

GRATIS !! DOWNLOAD FILE LATIHAN


Kami harus memastikan bahwa Anda bukanlah robot yang ingin mencuri data.

Social Media Yang Saya Gunakan :