8 Kesalahan Pengusaha Amatir

8 Kesalahan Pengusaha Amatir

Informasi terbaru
Follow @lifeof.hendi

Halo Semua ! 

Dalam artikel ini Saya ingin membagikan sebuah Catatan tentang Kesalahan-kesalahan yang paling sering dilakukan oleh Pengusaha amatir , Dari salah menentukan Harga hingga tidak memiliki mindset yang jelas.

Ditulis berdasarkan Pengalaman Pribadi dan Teman-teman pengusaha yang Saya kenal dengan solusi-solusi nyata yang bisa dilakukan oleh siapa pun.

Tulisan ini dapat di download secara GRATIS oleh siapa pun yah . Caranya cukup melakukan konfirmasi Nama & email untuk memastikan Kamu bukan robot yang ingin mencuri data.

 

8 Kesalahan Pengusaha Amatir

Kumpulan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha amatir di awal-awal ketika membangun usaha. 
by Hendi | @lifeof.hendy

Berpikir Jangka Pendek

Dari pengalaman saya pribadi ,  Pengusaha amatir lebih memilih solusi jangka pendek dibandingkan jangka panjang . Dan sudah menjadi insting manusia ingin menikmati hasil dalam waktu yang sangat singkat. 

Memang dalam situasi tertentu Kita dihadapi dengan masalah keuangan serius , dan biasanya membutuhkan solusi jangka cepat. 

Tapi dari pengalaman Saya , Sekali kita mendapatkan keuntungan dari cara cepat maka kedepan hari kita akan mengulangi cara yang sama .

Sama seperti narkoba kita akan ketergantungan dengan solusi jangka pendek yang menguntungkan , tapi untuk jangka panjang itu akan merusak brand kita sendiri. 

Contoh-contoh berpikir jangka pendek : 

Tidak mau melakukan riset

Saya mempelajari Hal ini dengan cara yang paling keras yang membuat saya rugi hingga puluhan juta dalam hitungan bulan. Dan saya melakukan kesalahan ini bukan cuma satu kali , atau dua kali  , tapi empat kali  !  

Setelah kesalahan no 4  Saya baru menyadari ternyata kesalahan yang saya lakukan dalam bisnis-bisnis sebelumnya adalah Tidak Pernah Melakukan Riset , dari situ saya mulai memasukan rutinitas melakukan riset secara detail. 

Contoh melakukan riset : 

Dari hasil riset Kita akan menemukan Angka-angka ajaib yang dapat membantu kita memprediksikan bagaimana bisnis kita bisa bertahan dan bisa menghasilkan keuntungan . 

Bila Angka-angka tersebut tidak muncul atau hasilnya negatif maka tandanya Anda tidak bisa memecahkan masalah tersebut dan lebih baik berhenti sebelum terlambat. 

Tidak Memperhatikan Detail

Dalam industri apapun Detail adalah segalanya ! Bila Kita menghiraukan detail maka Kita tidak bisa bersaing di marketplace.

Ribuan pengusaha lain dengan senang hati mengambil customer Anda dengan pelayanan & Produk yang lebih bagus dibanding Anda ! 

Contoh-contoh detail yang harus kita perhatikan : 

Apapun industri-nya memperhatikan detail adalah Kunci utama untuk memenangkan permainan .

Tidak memahami barang yang dijual

Untuk kasus ini banyak sekali kita jumpai di marketplace dan di media sosial dimana ratusan pedagang tidak memahami produk yang mereka jual . 

Sebagian besar dari mereka Bahkan tidak pernah melihat dan merasakan secara langsung produk yang dijual ! 

Taunya cuma keuntungan yang bisa didapat , Tapi ketika Customer bertanya tentang informasi produk jawabnya cuma bisa “dijamin bagus kak , asli kak , murah lho kak , asli kak 

Contoh hal-hal detail dari produk yang harus kita ketahui :

Tidak Menghargai Customer

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula mereka berpikir Customer adalah orang bodoh yang tidak mengerti tentang produk yang sedang ditawarkan. 

Perlu Kita ketahui Saat ini siapapun memiliki akses internet , Hanya perlu waktu kurang dari 30 detik untuk mengetahui informasi apa pun di dunia ini . 

Bila Anda masih berpikir Anda lah orang yang lebih pintar dibanding customer , Saran saya , berhenti menjadi entrepreneur dan cari pekerjaan bergaji besar ..  

Contoh tidak menghargai customer : 

Dari pengalaman Saya berbelanja di Marketplace 60% transaksi yang saya lakukan berakhir kekecewaan. ( barang tidak sesuai , barang palsu , barang cacat , pengiriman tertunda hingga 30 hari , dan masih banyak lagi ) 

Tidak Memiliki Target Audience 

Pada umumnya pedagang pemula itu beranggapan bila Produk , pelayanan bagus dan Harga nya kompetitif maka pembeli akan datang sendiri . 

Tapi pada kenyataan pedagang amatir lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menawarkan produk kepada customer yang tidak membutuhkan produk tersebut . 

Contoh

Bayangkan bila dari Awal Kita sudah mengetahui secara jelas Siapa yang cocok / membutuhkan barang yang kita pasarkan , Kita dapat menaikkan persentase penjualan produk tanpa susah payah. 

Contoh Membuat List Target Audience : 

Tidak Melakukan Investasi untuk Pengembangan Diri 

Bagi Saya Kerja Keras adalah modal utama , Dengan Kerja keras kita dapat berkompetisi dengan siapa pun dalam industri apa pun . 

Tapi Kerja Keras saja itu tidak cukup ! Kerja keras harus kita padukan dengan Pengetahuan . 

Tanpa pengetahuan yang cukup Kamu akan menjadi budak pekerja .

Lalu Bagaimana Saya bisa mendapatkan pengetahuan ? 

Tidak Memiliki Strategi & Tujuan 

Seperti pemilik bisnis pemula pada umumnya Tujuan utama mereka ingin menjadi entrepreneur adalah ingin memiliki jam kerja yang flexible dan bebas bekerja tanpa beban. 

Umumnya Pemilik bisnis dengan pola berpikir seperti diatas akan gulung tikar dalam hitungan 8 – 16 bulan . Karena pada dasarnya Mereka hanya bertaruh dengan keberuntungan tidak memiliki tujuan akhir dan strategi yang tepat. 

Berikut 4 contoh orang sukses favorit yang perjalanan sukses mereka bisa kita jadikan contoh : 

 

Contoh membuat list tujuan akhir lebih efisien : 

 

download file latihan desain grafis h3ndy

download sekarang

modul ebook & file latihan

verifikasi nama & email untuk memastikan bahwa Anda bukan robot yang ingin mencuri data

Informasi terbaru
Follow @lifeof.hendi

Artikel Terkait

creationgymlife

I BUILD MY OWN MINI GYM

Membuat area gym kecil dirumah menggunakan bahan sisa project.

Lihat Artikel
pembuatan desain frame video
adobe illustratorbelajar desain grafiscreator design class

Proses Pembuatan Desain Frame Video Unik

Memanfaatkan skill desain untuk membuat desain banner Instagram stories yang menarik.

Lihat Artikel
cabinet nail polisher
cabinetdiykabiet

Nail Polish Organizer

desain pembuatan tempat kutek organizer menggunakan papan mdf .

Lihat Artikel
logo h3ndy

Subscribe GRATIS

file latihan & ebook setiap minggu

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print