Mahir Membuat Meja Potong [ table saw ]

Cerita berawal dari pertengahan tahun 2013 dimana saya memulai mempelajari bidang woodworking, Saya memulai belajar memotong menggunakan gergaji tangan manual, lalu naik tingkat membeli mesin jig jaw , lalu naik tingkat lagi membeli mesin circular saw.

Dengan mesin circular saw yang baru saya beli, Saya pun merakit meja potong dengan pengetahuan minim dan lebih mengandalkan intuisi. Memakan waktu 8 jam untuk menyelesaikan merakit meja potong dan dengan perasaan bangga saya berkata YES saya membuat Table saw yang sangat bagus .

Kejadian Fatal

kesalahan pemula bisa berdampak fatal

Tiga hari kemudian saya mendapatkan pesanan untuk membuat lemari minimalis dan kejadian mengerikan pun terjadi.. Pada saat membela papan berukuran 40 x 30 cm, disaat saya mendorong papan ke arah mata pisau circular saw yang sedang berputar dengan suara bising yang keras.

Dalam hitungan 1 detik papan yang saya pegang Melesat sangat cepat menghantam muka dan bagian perut badan. Saya kaget terpaku seperti patung, dalam benak saya berpikir ini adalah mimpi tapi mimpi, tapi kenapa sangat nyata dan sakit sekali .

Sangat-sangat beruntung tidak ada bagian tubuh saya yang terluka fatal. Dari kejadian tersebut saya kembali melakukan research berbulan-bulan tentang cara menggunakan table saw dan mekanisme table saw. Saya membeli berbagai macam buku dan menonton ratusan video tutorial yang membahas tentang table saw.

Kejadian Fatal Terulang Kembali

5 Tahun kemudian setelah kejadian mengerikan tersebut kenalan saya yang bekerja sebagai pembuat furniture di daerah Cianjur mengalami kecelakaan yang sangat fatal, Saya datang menjenguk dan bertanya tentang kejadian detail yang dialami.

Setelah diceritakan ternyata akibatnya berasal dari meja potong rakitan yang dibuat memiliki selisih jarak pada bagian fence.  Pada saat itu dia harus memotong papan secara yang cukup panjang dan besar ( 60 x 120 ) dan kejadian yang mengerikan tersebut terjadi pada diri dia.

Series Yuk Bikin Sendiri

series buku edukasi topik diy

Di hari kejadian fatal tersebut Saya memutuskan harus menyebarkan teknik merakit dan menggunakan Table saw yang Saya pelajari, untuk menyelamatkan orang-orang pemula agar tidak mengalami kecelakaan seperti Saya dan Teman saya alami.

Lahirnya sebuah Series Buku “Yuk Bikin Sendiri” dimana saya membagikan pengalaman dan teknik-teknik yang saya pelajari dan kembangkan untuk dapat diakses oleh seluruh antusias pekerja woodworking .

Materi Ebook dibahas secara Ringkas dan Padat komplit dengan gambar step by step.

  • cover mahir membuat meja potong

    Mahir Membuat Meja Potong

    Rp155,000
    Beli sekarang

Screenshoot

Bila Anda sedang merencanakan membuat meja potong / table saw anda bisa membaca buku panduan ini untuk memberikan sudut pandang dan teknik membuat meja table saw yang sudah Saya gunakan dalam 5 tahun terakhir.

  • Apakah buku panduan cocok untuk bagi pemula yang memiliki peralatan terbatas ?
    • Tentu saja ! Karena pada saat awal saya merakit table saw pertama saya , peralatan yang saya miliki hanya jig saw , circular saw dan peralatan manual sederhana
  • Bagaimana tingkat akurasi hasil potongan meja potong rakit ? apakah bisa di kalibrasi ?
    • Bila anda mengikuti step by step saya menjelaskan trick khusus untuk kalibrasi bagian fence dan sled untuk mendapatkan hasil potongan yang presisi .
  • Apakah aman digunakan ?
    • Bila di rakit dengan benar dan Anda benar benar teliti melakukan kalibrasi pasti aman . (* saya merekomendasikan bagi pemula untuk mempelajari
  • Berapa ukuran meja potong rakitan ini ?
    • Spesifikasi awal buku ukurannya adalah 60×60 cm . Ukuran top table bisa di sesuaikan dengan kebutuhan
  • Materi Apa saja yang didapat dalam buku ini ?
    • Cara mempersiapkan bagian top table menggunakan circular saw supaya mendapatkan potongan sama siku-siku .
    • Cara kalibrasi mesin potong untuk mendapatkan potongan siku-siku
    • Teknik membuat slot untuk slider
    • Mekanisme Fences
    • Mekanisme Sled