Pengaturan anggaran atau budget bukan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Terlebih Kita kita harus memotong anggaran untuk kegiatan yang kita sukai. 

Sejak tahun 2004 Hingga 2017 Saya tidak pernah memiliki pengaturan anggaran , Menurut Saya pada saat itu Bila saya bisa menghabiskan sekian setiap bulan maka Saya bisa menghasilkan lebih dari hal yang Saya habiskan. 

Dan setelah 13 tahun melakukan hal bodoh dengan pengaturan keuangan , pada pertengahan tahun 2017 Saya baru menyadari bahwa Saya bisa menghasilkan uang lebih , Bila Saya memasukkan uang pengeluaran yang tidak penting ke kolom aset investasi.

Butuh waktu beberapa belas bulan untuk penyesuaian , Kesulitan utamanya ada pada Disiplin dan konsisten ketika menggunakan anggaran.  

Bahkan sampai ketika tulisan ini Saya tulis tahun 2021 Saya masih sering melanggar..

Salah satu alasan Artikel ini Saya tulis Supaya Saya bisa membuat diri saya menjadi lebih baik dengan pengaturan budget finansial. 

Saya menyediakan File Spreadsheet yang dapat langsung Anda gunakan untuk pengaturan budget keuangan pribadi Anda. 

Berikut ini adalah beberapa Tips yang Saya gunakan dalam menjaga & membuat pengaturan budget finansial. 

Persiapan Anggaran Untuk 12 Bulan Kedepan

Memperbaiki Kesalahan Finansial 1 H3NDY

Dari pengalaman Saya menyiapkan anggaran untuk 12 bulan kedepan lebih efektif untuk keadaan mental , Dengan pengaturan budget 12 bulan Anda bisa melihat nilai yang cukup besar dibandingkan pengaturan budget bulanan.

Memperbaiki Kesalahan Finansial 2 H3NDY
Memperbaiki Kesalahan Finansial 3 H3NDY

Bagaimana ? Anda melihat perbedaannya ? 

Kemungkinan besar Anda akan meremehkan budget minum kopi senilai Rp 90,000 tiap bulan. 

Tapi Bila Anda hitung untuk 12 bulan nilai nya menjadi Rp. 1,080,000.

Apakah Anda tahu berapa banyak Asset yang dapat kita beli dengan Rp. 1,080,000 ?

Dengan uang senilai Rp.1.080,000 Anda dapat membeli emas 2 gram , dimana setiap tahun nilainya akan bertambah setidaknya diatas 4%/tahun.

Atau 

Uang Rp.1,080,000 Anda dapat membeli 2 lembar saham Bank Bca , dimana setiap tahun nilainya akan bertambah setidaknya diatas 6.5% / tahun.

Dan itu baru satu item saja , Bagaimana bila Anda bisa memotong 10 hingga 20 item setiap tahun ?

Kira-kira berapa banyak nilai yang dapat Anda alokasi-kan untuk aset investasi ?

Gunakan Kartu Kredit Untuk Tagihan Belanja

Memperbaiki Kesalahan Finansial 4 H3NDY

Ingat Untuk tagihan daftar belanja yang sudah dianggarkan ! bukan membeli barang yang Anda inginkan. 

Bila diatur dengan Benar Kartu kredit dapat memberikan kita keuntungan lebih. Berikut adalah beberapa Manfaat kegunaan Kartu Kredit yang dapat memberikan Anda keuntungan : 

1.Beli Barang Grosir Bayar nya Cicilan 0%

Untuk beberapa kondisi Kita dapat memanfaatkan promosi diskon potongan dengan membeli barang kebutuhan dalam jumlah grosir.

Memperbaiki Kesalahan Finansial 5 H3NDY
Memperbaiki Kesalahan Finansial 6 H3NDY

Bila kita membeli barang kebutuhan dalam jumlah grosir umumnya Kita bisa mendapatkan potongan harga 5 hingga 10% ( tergantung jenis barang  & area) 

Dengan Kartu kredit kita bisa memanfaatkan cicilan 0% yang disediakan , Setiap bulan Anda tetap hanya membayar berdasarkan nilai budget yang sudah disiapkan.

2.Atur Limit Transaksi Kartu Anda

Dengan kartu kredit Anda dapat meminta pihak penerbit untuk dibuatkan limit harian , mingguan atau bulanan. Dengan begitu Anda tidak lagi bisa membeli barang yang tidak seharusnya dibeli. 

3.Manfaatkan Laporan Transaksi

Dengan menghubungkan kartu kredit dengan aplikasi Kita dapat melihat detail transaksi dengan informasi yang lebih lengkap. Walaupun rekening tabungan juga bisa tapi Anda harus membayar biaya bulanan lebih untuk dapat melihat detail transaksi.

4.Manfaatkan Program Cash Back

Umumnya Penerbit kartu kredit / Bank memiliki Target pendapatan per-triwulan yang harus dicapai untuk membuat investor tenang. 

Untuk bisa mencapai Target pihak penerbit kartu (bank) biasanya sering memberikan program cash back 5 – 10% untuk program cicilan atau refinancing.

Contoh : 

Misalnya Anda memiliki platform cicilan di pihak bank A senilai Rp,5 jt kemudian Anda memutuskan untuk memindahkan tagihan tersebut ke pihak Bank B. 

Dengan deal tertentu Anda bisa mendapatkan potongan 5-10% dari jumlah tagihan yang langsung dipotong untuk pembayaran cicilan #1.

Top UP Dompet Digital Sesuai Budget Yang Sudah ditentukan

Memperbaiki Kesalahan Finansial 7 H3NDY

E-Toll , Emoney , Go-pay , Grab pay , Shopee pay dan dompet digital lainnya adalah hal yang wajib Kita perhatikan , Kemudahan transaksi membuat kita menjadi lebih ingin membeli lebih banyak barang, 

Dari pengalaman pribadi Kami pernah berbelanja menggunakan go-pay tanpa sadar dalam jangka waktu 20 hari total transaksi Go-pay nilainya cukup untuk membiayai sekolah anak kami untuk 3 bulan… 

Dari hal memalukan tersebut Saya mulai mengatur Hanya mengisi dompet digital sesuai budget yang ditentukan untuk 1 bulan. Dengan begitu ketika saldo di dompet digital telah habis maka Kami harus berhenti melakukan transaksi

Simpan Kartu Debit dirumah

Memperbaiki Kesalahan Finansial 8 H3NDY

Simpan kartu debit Anda dirumah dan hanya bawa uang kas & kartu kredit.  Ketika uang kas & limit kartu kredit Anda sudah habis Anda sudah tidak mempunyai pilihan lain selain tidak belanja. 

Menyiapkan Uang Kas untuk 1 minggu

Memperbaiki Kesalahan Finansial 9 H3NDY

Setiap hari pasti ada pengeluaran Bensin , Pasar , Parkir , Obat . Jajan dan lain-lain yang jadi masalah semakin besar Uang yang Anda pegang di kantong , Semakin banyak barang yang Anda dapat beli. 

 

Untuk mengurangi hal tersebut cara paling efektifnya adalah menyediakan uang kas hanya untuk budget 1 minggu saja. Ketika uang kas Anda sudah habis Anda sudah tidak mempunyai pilihan lain selain tidak belanja.

Berpikir Rasional dan jangan Emosional

Memperbaiki Kesalahan Finansial 10 H3NDY

Mengetahui alasan utama kenapa Anda harus mengeluarkan uang untuk suatu barang atau jasa adalah kunci penting dari pengaturan budget. 

Umumnya orang lebih banyak mengeluarkan uang untuk kebutuhan Emosional dibandingkan kebutuhan Primer. 

Dari hasil survey yang dilakukan Ikea di tahun 2018 ; 80% customer ikea membeli barang yang dia tidak perlukan. Yang artinya 80 dari 100 orang mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan. 

Oleh karena itu sangat penting untuk individu berpikir Rasional sebelum mengeluarkan uangnya untuk membeli barang dan jasa. Berikut ini adalah beberapa trik yang dapat Anda lakukan ketika ingin membeli barang : 

  • Jangan percaya Limited Offer , Sale , Stok sedikit , Karena sebagian besar hal tersebut hanyalah gimmick untuk membuat Anda tidak bisa berpikir rasional. 
  • Bila Anda ditawari oleh Sales jangan Ragu untuk berkata “ Terima kasih informasinya ,tolong beri Saya waktu _____” 
  • Jangan langsung percaya testimoni Tulisan , Gambar dan Video sebelum Anda merasakan sendiri manfaat dan kualitasnya. 
  • Sebelum membeli Tanyakan diri Anda Bila saya tidak memiliki barang ini apakah kehidupan Saya akan menjadi lebih sulit ? Bila tidak Maka kemungkinan besar Anda tidak membutuhkan barang tersebut.

Marketer dan pemilik Brand sangat pandai memainkan Emosional audience mereka dengan Kampanye iklan yang persuasif , Tanpa Sadar setelah melihat iklan beberapa kali orang akan berpikir Mereka membutuhkan barang / jasa tersebut. Beberapa minggu kemudian mereka baru menyadari bahwa mereka tidak membutuhkan barang / jasa tersebut.

Periksa Kembali Daftar Berlangganan Anda

Memperbaiki Kesalahan Finansial 11 H3NDY

Model bisnis era digital adalah Tentang jumlah pelanggan (subscriber) berbayar. Dari industri Teknologi , Music , Film , Food Beverage , Finansial , Health care , Education , Perusahaan menggunakan pelayanan berbayar (subscription)  sebagai sumber pendapatan mereka.

Penting untuk Kita melihat kembali daftar pelanggan yang kita bayar setiap bulannya. Lalu tanyakan pada diri Anda , Apakah saya menggunakan jasa tersebut ? 

  • Daftarkan biaya langganan dalam satu Kartu Kredit , dengan begitu Anda dapat melacak-nya & mematikannya dengan mudah. 
  • Tanyakan kembali Apakah kehidupan Anda akan lebih sulit bila tidak berlangganan ? bila tidak Maka kemungkinan besar Anda tidak membutuhkannya. 
  • Pastikan Anda tidak terjebak dengan kontrak Subscriber dalam waktu yang panjang.

Gunakan Waktu Anda untuk dalam Pengaturan Budget jangan terburu-buru. Anda harus berpikir jernih dan rasional dalam membuat pengaturan anggaran. 

Bila Anda terbantu dengan tulisan ini Saya membutuhkan bantuan Anda untuk Share tulisan ini melalui media sosial Anda , Dengan begitu Kami dapat mempertahankan website ini.  Terima kasih 

Download File Spreedsheet Pengaturan Budget Finansial

Memperbaiki Kesalahan Finansial 12 H3NDY

Ringkasan Memperbaiki Kesalahan Finansial

  • Persiapkan Anggaran untuk 12 bulan untuk dapat melihat uang yang dapat disimpan.
  • Gunakan kartu kredit.
  • Beli barang dalam jumlah grosir.
  • Manfaatkan cicilan 0%
  • Top up dompet digital sesuai budget.
  • Simpan kartu debit dirumah.
  • Siapkan uang Kas untuk 1 minggu.
  • Berpikir Rasional bukan emosional.
  • Periksa kembali daftar Berlangganan.

credit : 

Beberapa foto yang digunakan dalam artikel ini diambil dari Pexel.com

Memperbaiki Kesalahan Finansial 13 H3NDY

eBOOK GRATIS

Modul File Latihan

file eBook & Spreadsheet

verifikasi email untuk memastikan bahwa Anda bukan robot yang ingin mencuri data