Masalah absensi

Berawal dari Admin Kami sering kali menghubungi Saya untuk konfirmasi informasi absensi kelas creator design class (tanggal  , hari dan jam) . Untuk lebih jelas Saya akan menjelaskan sedikit bagaimana Kami mengatur jadwal pertemuan kelas pelatihan tersebut.

Pertama-tama Saya hanya mengajar sebanyak 2 kelas setiap hari , dimana yang sebenarnya waktu tersebut diambil dari waktu istirahat saya ( 2pm dan  7pm).

Berkat Corona dan Zoom Kami dapat menjangkau lebih banyak saudara-saudara kami yang berada di luar kota bandung. Intinya mah jadi lebih banyak yang gabung .

Masalah Pertama : Dalam satu minggu saya mengajar untuk 5 grup yang berbeda ( tingkatan / level ) .

Contoh: Hari senin kelas siang saya mengajar untuk grup yang sudah di level 10 dan kemudian pada malam harinya saya akan mengajar untuk grup yang baru di level 4 . 

Masalah Kedua : Saya harus memberikan update jadwal setiap grup & peserta kepada Admin . Dengan begitu Admin bisa memprediksi dan mengatur jadwal peserta baru untuk grup berikut nya . Atau terkadang untuk rescheduling bila ada peserta atau saya berhalangan hadir.

Yang jadi masalah utama adalah Saya terbiasa untuk membaca & menulis dengan tempo cepat sehingga sering kali kesalahan pengisian data atau pun yang lebih sering tulisan ya tidak dapat dibaca oleh admin .

Berawal dari ketidakjelasan dan akhirnya menjadi kebiasaan

Awalnya Admin bertanya karena dia tidak mengerti / butuh kejelasan tapi belakangan akhirnya Saya merasakan ini menjadi rutinitas tidak produktif. Sering kali dia menghubungi di tengah-tengah saya bekerja dan pada akhirnya ide-ide bagus terkadang menjadi buyar gara-gara nada dering.

Masalah Selesai Berkat Desain 1 H3NDY
Masalah Selesai Berkat Desain 2 H3NDY

ilustrasi sistem absensi yang kami pernah gunakan 

Mencari Sudut Pandang Lain

Setiap minggu Kami mencoba beberapa sistem absensi dari excel , software , apps mobile dan sebagainya. Dan jujur saja bukan nya menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah & membuang waktu.

Salah pengaturan , sync , sistem server , belum sync , dan hal-hal bullshit yang kaum millennia suka lakukan.

Hingga akhir di pagi minggu quality time Saya menyebut masalah jadwal tersebut didepan istri . Tanpa berpikir panjang dia bilang “seharus nya kamu desain sendiri table jadwal dan kertas absensi nya disesuaikan sistem jadwal

Rasanya itu seperti di tampar tapi sensasi nya menyenangkan LOL .

Jadi selama beberapa minggu terakhir Saya mencari solusi dari masalah orang lain , Padahal seharusnya Saya Menciptakan solusi dari masalah sendiri .

Ciptakan solusi dari masalah yang di hadapi , hindari mencari solusi dari masalah orang lain.

Membuat Table Jadwal

Hal pertama yang Saya lakukan adalah membuat Table jadwal se simple mungkin tanpa banyak teks dan menekankan visual & kontras yang kuat .

Masalah Selesai Berkat Desain 3 H3NDY

3 pilihan hari dan 2 opsi jam 

Pilihan hari di bagi menjadi 3 grup dan tiap grup memiliki 2 pilihan jam . bila anda membaca itu dan terdengar bingung maka Anda tidak sendirian .

Admin & Saya memiliki waktu berat ketika harus menjelaskan tentang Jadwal kelas pelatihan . Karena jam saya mengajar tidak seperti jam pelajaran konvensional layaknya di tempat kurus , sekolahan atau pun universitas.

Saya hanya mengajar pada jam 2 pm dan 7 pm , yang sebenarnya jam tersebut adalah jam istirahat milik Saya yang seharusnya digunakan untuk personal development . (membaca , video training , dan hal yang berkaitan tentang personal development )

Sehingga tugas Admin adalah memastikan seluruh peserta creator desain class dapat menyesuaikan jadwal pribadi  dan menolak secara halus untuk peserta yang meminta request jadwal .

Setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam hidup mereka , bagaimana mereka menggunakan waktu yang mereka miliki yang membedakan kita sebagai individu .

Membedakan Dengan Warna

Seperti yang sudah di mention di awal Saya sering terbalik membedakan hari , tanggal dan bulan untuk masalah tersebut Solusi yang didapat adalah membuat perbedaan dengan visual dan warna .

Warna untuk memperbedakan hari

Masalah Selesai Berkat Desain 4 H3NDYMasalah Selesai Berkat Desain 5 H3NDYMasalah Selesai Berkat Desain 6 H3NDY

  • Warna Biru : untuk kelas pelatihan setiap hari Senin & rabu
  • Warna Hijau : untuk kelas pelatihan setiap hari Rabu & Kamis
  • Warna Merah : untuk kelas pelatihan khusus setiap hari jumat & Minggu ( untuk grup khusus )

 

Warna &  visual untuk memperbedakan jam

 

Masalah Selesai Berkat Desain 7 H3NDYMasalah Selesai Berkat Desain 8 H3NDY

 

Tanpa harus menjelaskan pastinya kalian sudah mengetahui arti gambar tersebut kan.

Kertas Absensi Tiap Peserta

Masalah Selesai Berkat Desain 9 H3NDY

Berikut adalah contoh kertas absensi yang setiap pertemuan harus saya isi sesuai pada hari pertemuan. Kertas berukuran A5 dengan total 16 baris dan 4 kolom + 1 kolom untuk catatan .

  • Kolom biru tanggal
  • Kolom kuning pastel bulan
  • kolom merah muda hari
  • kolom hijau checkbox
  • dan kolom tambahan untuk catatan tiap peserta ( telat , ijin , tidak fokus , kerja bagus dsb)

Fitur Utama

Tiap kertas memiliki kombinasi visual untuk membedakan jadwal Grup & Hari setiap peserta .

Masalah Selesai Berkat Desain 10 H3NDY

Jadi Dengan bentuk visual & warna Kami tidak perlu lagi membaca jenis grup & pilihan jam tiap peserta .

Sekarang bukan hanya memudahkan untuk Kami tapi memudahkan pula untuk Calon peserta yang ingin mengetahui jadwal kelas Creator Design Class , Saat ini bila target audience kami bertanya dengan Jadwal kelas Admin hanya perlu mengirimkan gambar jadwal yang sangat sederhana .

Masalah Selesai Berkat Desain 11 H3NDY
Masalah Selesai Berkat Desain 12 H3NDY
Masalah Selesai Berkat Desain 13 H3NDY
Masalah Selesai Berkat Desain 14 H3NDY

Program 2 Bulan Jadi Graphic Designer

Setiap minggu Kamu akan mendapatkan Materi desain grafis yang berguna untuk kebutuhan bisnis digital. Pelajari Lebih Lanjut

Masalah Selesai Berkat Desain 15 H3NDYMasalah Selesai Berkat Desain 15 H3NDY

Ringkasan

  • Melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda / Meminta saran orang yang tidak berhubungan dengan masalah terkadang dapat membantu
  • Tiap orang memiliki masalah mereka sendiri , terkadang mengunakan solusi orang lain untuk masalah kita dapat membuat masalah menjadi lebih rumit
  • Berpikir sederhana
  • Artikel menarik lainnya baca di h3ndy.com/desain
download file latihan desain grafis h3ndy

GRATIS !! DOWNLOAD FILE LATIHAN


Kami harus memastikan bahwa Anda bukan robot yang ingin mencuri data