Tiga produk furniture yang pernah saya produksi dan dijual pada tahun 2016

Cerita bermula saya ingin mencoba mendesain produk dengan sedikit bahan (low budget) yang saat itu target customer saya adalah anak kost yang memerlukan meja di kamar mereka . Tantangan nya saat itu bukan hanya harus murah tapi end produk harus dapat dikirim ke-seluruh provinsi di indonesia .

  1. Berkualitas
  2. Low budget
  3. Ringkas
  4. Portable

Saya akan sedikit menjelaskan bagaimana saya menyelesaikan empat poin diatas dalam bahasan se-ringkas mungkin

Untuk memproduksi produk berkualitas maka kita harus menggunakan bahan baku yang berkualitas dalam kasus ini berarti saya menggunakan papan MDF kualitas export dengan ketebalan 12mm , dan menggunakan lem perekat dan produk finishing yang berkualitas untuk proteksi jangka lama .

Dan untuk menekan biaya produksi maka saya harus menekan penggunaan bahan baku dan jam kerja . Saya berusaha agar tidak ada bahan papan yang terbuang . Dan untuk menekan jam kerja maka saya mengatur alur dan waktu proses pembuatan produk bila biasanya dalam 2 hari bisa menghasilkan 2 produk , Maka saya rubah menjadi dalam 4 hari dapat menghasilkan 10 produk .

Untuk menyelesaikan poin ketiga dan keempat adalah proses paling melelahkan dan paling panjang . Saya menghabiskan waktu puluhan jam melakukan sketch di komputer dan membuat beberapa buah prototipe menggunakan kardus , papan sisa , kertas dan lain-lain . Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menyelesaikan desain pada satu produk .

D’kost table

Sebuah meja berukuran L.40cm x P.60cm x T.38cm dengan laci T.10cm bila bagian kaki dilepas maka ukurannya hanya menjadi 10x40x60 dengan total berat sekitar 3.Kilogram .  Saya memproduksi 6 buah dalam waktu 4 hari dan dijual seharga 210,000 (tanpa ongkir)

Meja Nakas / Nightstand

Sebuah meja berukuran L.30cm x P.50cm x T.55cm dengan laci dua laci ukuran 10cm dengan total berat sekitar 6.Kilogram .  Saya memproduksi 3 buah dalam waktu 4 hari dan dijual seharga 480,000 (tanpa ongkir) . Produk ini menjadi produk favorit saya total saya baru memproduksi 3 buah , 2 buah telah dijual kedepan saya ingin melakukan penambahan desain produk . someday tho

Meja kerja / Desk

Sebuah meja berukuran L.40cm x P.60cm x T.72cm dengan laci ukuran 20cm dengan total berat sekitar 6.Kilogram .  Saya memproduksi 3 buah dalam waktu 3 hari dan dijual seharga 320,000 (tanpa ongkir) . Secara pribadi saya kurang senang dengan desain produk ini karena saat pengerjaan desain terlalu terburu-buru .

Perasaan yang paling menyenangkan buat saya dimana saya dapat mewujudkan ide desain yang saya punya menjadi produk yang dapat digunakan oleh orang lain . Dan saya berharap kedepan-nya saya masih dapat membuat produk yang berguna untuk orang lain.

Terima Kasih

Terima kasih telah mampir di blog pribadi Hendi siswanto sebuah media dimana saya membagikan pengalaman dan ide-ide yang berkaitan tentang media desain ,produksi produk dan berbagai macam hal lainnya . Dan dalam blog ini pun saya menjual karya-karya saya seperti buku dan produk eksklusif yang saya produksi secara terbatas.