Kenapa saya sering membahas Paul rand ? siapkah dia ?

Bila anda mengikuti artikel h3ndy.com dan pernah mengikuti kelas creator design class , Kamu tahu betapa sering nya saya membahas Paul rand disetiap kesempatan. 

Singkat cerita mentor saya Nigel french sangat mengagumi Paul rand , dialah yang mengenali saya karya-karya dan filosofi Paul kepada saya. Dari hal itu Saya semakin menjadi tertarik dengan kehidupan Paul rand dan menjadikan dia mentor saya . 

Don’t try to be original ; just try to be good

Paul Rand

Paul Rand : Genius iklan pada era industri

Kembali ke Tahun 1930 lahirnya era desain industrial awal mulainya transisi era kolonial menjadi era industrial. Ford motor , General motor , Dupont chemical , Bell telephone dan Westinghouse electric dan koperasi raksasa lainnya melakukan gerakan revolusi desain industrial .

Pada tahun 1930 Paul rand sudah bekerja sebagai desainer di esquire’s bullpen. Paul menjabat sebagai creative director divisi pembuatan media iklan untuk klien-klien esquire’s. 

media iklan produk body lotion by paul rand

media iklan produk sun screen by paul rand

Paul rand dikenal sebagai sosok seniman yang jenius yang selalu memiliki solusi solusi desain yang sangat sederhana tetapi sangat efektif / menjual.

Agency William H.Weintraub co

Sekarang kita maju ke tahun 1940 , New york . 

William H.Weintraub , adalah senior partner esquire’s pada tahun itu dia memutuskan untuk menjual seluruh kepemilikan saham esquire’s. Dan pada pertengahan tahun 1941 dia membuat agency Periklanan William H.Weintraub & co .

Weintraub sendiri adalah salesman yang sangat persuasif & hebat dalam penjualan. Bukan hanya itu Weintraub pun memiliki keahlian mengumpulkan orang-orang yang berbakat untuk masuk dalam tim dia. 

Salah satunya adalah Paul Rand anak muda berumur 27 tahun si genius iklan dan temperamental mendapatkan jabatan sebagai Chief of art director . 

paul rand muda

Paul Rand & Agency Weintraub bisa dibilang secara defacto merubah gaya Periklanan di amerika. Dari gaya iklan yang monoton menjadi iklan yang penuh dengan drama , tawa dan kejutan.

iklan jadul yang monoton

standar iklan jadul yang monoton , tanpa drama dan berfokus pada nilai seni lukis.

media promosi dobunt by paul rand

pendekatan media iklan Paul rand menampilkan produk sebagai karakter utama

Karya – karya agency Weintraub menjadi standar tinggi dibidang dunia periklanan . Seperti mempunyai magis “midas touch” agency weintraub dapat menaikan penjualan produk klien-klien mereka ke angka tertinggi dengan desain iklan persuasif mereka. 

Tahun 1942 Weintraub dinobatkan menjadi agency paling berpengaruh oleh wall street journal . Iklan – iklan yang diproduksi sangat efektif menarik perhatian audience dan menaikkan penjualan . 

beberapa media iklan yang di produksi oleh agency Weintraub co

Menampilkan produk yang ingin dijual 

Pendekatan Paul rand dengan solusi desain yang dia kerjakan sangat menarik dan berbeda . Paul rand selalu membuat efek dramatis dan menciptakan emosi antara Produk utama dengan target audience .

Ketika agency lain harus menyewa seniman mahal , aktor terkenal , studio set , mobil  dan lainnya , Paul rand hanya menunjukan produk yang di jual . 

Dengan strategi seperti ini Weintraub studio dapat menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan agency iklan kompetitor.

Kunci permainan

Salah satu contoh paling menarik yaitu produk el producto , produk cigar ini mencetak rekor terbaru penjualan hingga 125% . Yang menariknya 10-20% pembeli tersebut adalah perempuan bukan perokok , mereka penasaran dengan produk tersebut karena melihat iklan. 

Ketika kompetitor menggunakan model terkenal yang seksi sebagai objek menarik perhatian, Paul rand hanya menggunakan produk itu sendiri untuk menarik perhatian. 

Memperhatikan Detail

Salah satu hal yang membuat Paul rand berbeda dengan desainer lain adalah Ketelitian Paul pada proses produksi / cetak. Paul memahami secara teknik bagaimana menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dengan cara yang lebih efektif. 

Pada masanya Paul selalu mengawasi proses percetakan , bahkan dia tidak segan-segan memberhentikan seluruh proses produksi bila dia mengetahui ada sesuatu yang salah . Hal ini terjadi berkali-kali maka tidak heran banyak orang mediocre menolak bekerja dengan Paul rand.

Tetapi karena dia sangat memperhatikan hal tersebut yang membuat karya dia terlihat berbeda dan spesial. 

Foto yang anda lihat adalah Media yang diproduksi pada tahun 1940 an . Tentunya mereka tidak menggunakan mesin printer full color . Semua media di produksi menggunakan mesin letter press atau pun sablon. Dibutuhkan teknik khusus untuk dapat menghasilkan hasil cetakan yang terlihat detail. 

Mengabaikan Kritik

Seiring populer nya Paul rand semakin banyak Paul rand memiliki “fans” yang mengkritik karya-karyanya . “Profesor” desain dengan lantang membuat jurnal mengkritik pekerjaan paul rand sebagai karya yang menghina dunia seni . 

Paul tidak menanggapi kritikan itu karena dia mengetahui masuk dalam perdebatan dapat membuat dia seperti orang bodoh. Untuk itu dia selalu menghindari konflik. 

Paul Rand Genius Iklan Pada Era Industrial 1 H3NDY

paul rand didepan poster minuman soda

Paul Rand Genius Iklan Pada Era Industrial 2 H3NDY

paul rand -berada di studio

Kunci permainan

Semakin terang lampu sorot yang menerangi semakin jelas kita terlihat sebagai target pelampiasan iri hati. Semakin keras kita menanggapi kritikan semakin mudah untuk mereka membuat kita terlihat salah.

Bukan akhir perjalanan 

Perjalanan Paul rand tidak berhenti disitu pada tahun 1960 – 70an Paul rand membuat perubahan besar dalam dunia desain di amerika & dunia. Corporate Identity (Company branding)

Untuk menjaga artikel ini tetap menarik dan ringan saya akan bahas cerita tenang Paul rand merubah industri desain company branding pada artikel selanjutnya.

Paul Rand Genius Iklan Pada Era Industrial 3 H3NDY

Ringkasan Paul Rand : Genius iklan era industrial

Filosofi Paul rand sangat melekat dalam kehidupan saya, Sudut pandang dan idealism beliau merubah pola pikir dan sikap saya dalam bereaksi. Bukan suatu kebetulan Anda bisa membaca tulisan ini.  🙂

Referensi : 

  • A designer art . 1968
  • Design,form and chaos,1993
  • Paul Rand , 1999
logo h3ndy

Subscribe GRATIS

file latihan & ebook setiap minggu

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print

Ask Anything

Silahkan ajukan pertanyaan melalui form yang tersedia.

Button Text
download file latihan desain grafis h3ndy

File latihan & modul

Download sekarang File modul latihan

Pesan Terkirim

15 - 120 menit

waktu respon konfirmasi pembayaran

1 x 24 jam

waktu respon pertanyaan umum & bisnis.

whatsapp / email

Anda akan kami hubungi melalui Whatsapp / email​

link ebook

Sistem kami otomatis akan mengirimkan Link download ebook ke Email anda setelah pembayaran kami terima .

(*) Periksa juga kotak spam / junk mail.

follow