Diawal tahun 2019 saya mendapat kesempatan untuk membuat meja dengan desain yang saya kehendaki . Sebuah meja yang akan digunakan sebagai meja belajar anak sekolah dan juga meja untuk tempat menaruh perlatan komputer.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba beberapa teknik dan juga tampilan estetika , karena meja ini cukup besar 50x120x75 cm maka saya harus membuat bagian-bagian meja dibagi menjadi 4 bagian .

  1. Table top
  2. Lemari
  3. Kaki
  4. Tiang palang

Dalam proses pembuatan saya megabungkan beberapa bahan papan dengan ketebalan yang berbeda-beda ( dari 9mm hingga 18 mm ) tujuanya saya ingin bereksperimen dalam menekan biaya produksi . dengan begitu apabila saya ingin memproduksi Meja tersebut secara massal saya dapat bersaing dengan harga kompentisi pasar .

proses pembuatan bagian kaki penyangga meja dibuat menggunakan papan mdf 9mm . dalam proses kali ini saya menggunakan mesin trimmer untuk membuat groove cut dengan kedalaman mata pisau -+ 5mm . Setelah saya selesai step selanjutnya saya merekatkan seluruh bagian papan menggunakan lem dan klem .

Proses selanjutnya yaitu saya membuat bagian lemari untuk penyimpanan komputer bagian tersebut dibuat menggunakan bahan MDF 9mm dan multipleks 18mm . Untuk teknik penyambungan saya menggunakan Pocket hole join dengan begitu saya tidak harus repot-repot menutupi bekas lubang sekrup .

Kesalahan Fatal proses pembuatan meja

Kesalahan yang sangat fatal saya alami setelah saya menyelesaikan proses perakitan meja komputer tersebut , yaitu salah satu bagian meja yaitu bagian lemari untuk tempat penyimpanan komputer mengalami gagal join . Bagian sisi papan lepas dari bagian penyangga papan .

Setelah saya cari selidiki penyebab utamanya saya rasa , saya terlalu terburu-buru menyelesaikan bagian tersebut seharusnya saya menunggu 2-3 jam agar lem perekat benar-benar kering . Sungguh sangat disayangkan karena saya harus menggulang kembali bagian tersebut .

Countertop meja komputer

Untuk bagian countertop saya pun melakukan beberapa teknik yang belum pernah saya lakukan sebelumnya .

  • menaruh single stop kontak
  • memotong edge mejadi miring 45ΒΊ yang kemudian dilapisi dengan MDF 4mm

Hasil akhir meja komputer

Pada proses pembuatan saya sebenarnya mengalami beberapa kendala yang sangat mejengkelkan hingga saya sempat berpikir untuk membuat kembali meja dari awal . Dan tentu saja tidak saya lakukan karena saya tidak suka bila kerja secara cuma-cuma .

Terima Kasih

Terima kasih telah mampir di blog pribadi Hendi siswanto sebuah media dimana saya membagikan pengalaman dan ide-ide yang berkaitan tentang media desain ,produksi produk dan berbagai macam hal lainnya . Dan dalam blog ini pun saya menjual karya-karya saya seperti buku dan produk eksklusif yang saya produksi secara terbatas.