Perubahan Yang Akan Terjadi Ketika Kasus Corona Usai

Bila Anda mencari informasi untuk menenangkan diri Anda tentang kasus Corona maka artikel ini bukan untuk Anda.

Artikel ini tentang Realita yang sedang terjadi saat ini Perubahan besar yang sedang terjadi di berbagai negara . Perubahan besar yang akan terjadi pada industri bisnis dan kehidupan sosial.

Cara kita bekerja , cara kita belajar , cara kita rekreasi , cara kita menyantap kuliner , cara kita be- sosialisasi. Semua akan berubah baik atau buruk ? tergantung sudut pandang tiap individu.

Baca juga : cara saya mempersiapkan kejadian ini dari bulan desember 

 

Perubahan Industri bisnis & pekerjaan

90 Hari bukan waktu yang sebentar.. Untuk para entrepreneur yang kreatif mereka sudah menemukan cara-cara baru untuk menghasilkan uang.

Lini bisnis lama yang terkena dampak corona akan ditinggalkan. Tim management yang diisi oleh orang-orang mudah ,fresh ,kreatif dan orang yang memiliki mental untuk berenang melawan arus.

Memang perubahan ini tidak akan terjadi dalam waktu serentak tapi Trend perubahan akan semakin naik setiap bulan.

Berkurangnya Penggunaan Kantor Di Kota Metropolitan

Kejadian seperti ini akan menyadarkan para pemilik bisnis untuk mengurangi cost operasional .

Ketika mereka sadar bahwa ternyata pertemuan virtual dan management virtual sangat efektif , mereka akan mengarahkan budget sewa gedung yang mahal untuk investasi pada aset yang lebih produktif.

Tentunya ini tidak akan serentak dilakukan tapi trend seperti ini akan terus menanjak .

Fakta nya Anda bisa melihat tingkat kekosongan (vacancy) gedung perkantoran di jakarta pada tahun 2018 saja sebesar 22% , setiap tahun angka ruangan yang kosong naik 2-3%.

Maka ketika kejadian corona sangat memungkinkan tingkat kekosongan gedung perkantoran di kota” besar bisa naik hingga di angka 30-35%

Pengurangan Jumlah Karyawan Secara Besar-besaran

Tidak perlu kasus corona saja tahun 2019 Total pemutusan di indonesia sudah di Angka 7,5 Juta jiwa. Di tahun 2020 hingga bulan mei sudah tercatat 2,2 juta kasus pemutusan pekerjaan pada sektor bisnis besar  ditambah lagi 20 juta ++ jiwa pemutusan pekerja di sektor UMKM & Micro.

Dari beberapa survey yang dilakukan angkanya pemecatan karyawan akan mencapai di angka 30jt ++ pada bulan agustus.

Hanya yang memiliki Skill & Akuntable yang bisa mendapatkan pekerjaan .

Berkurangnya Jumlah Mahasiswa dan Meningkatnya Pendidikan Online

Bila cara perusahaan beroperasi sudah berbeda Maka cara perusahaan merekrut karyawan pun pastinya akan berubah. Entrepreneur zaman kini mereka hanya akan mengisi tim mereka hanya dengan orang-orang yang memiliki skill dan yang bisa beradaptasi dengan gaya industri saat ini .

Saat ini sudah banyak tersedia kelas-kelas pelatihan skill set yang bervariasi dan lebih efektif ketimbang datang ke universitas. Dan Cara belajar online pun bukan sesuatu yang Aneh untuk saat ini.

  • Jumlah mahasiswa yang datang ke kampus akan semakin menurun
  • Kelas online bisa menjadi alternatif yang lebih efisien
  • Standar melihat sertifikat kelulusan akan mulai berkurang yang akan digantikan dengan keahlian Skill set yang terupdate
  • Memiliki beberapa Skill set adalah standar baru yang wajib dimiliki calon karyawan

Penurunan Kebutuhan Kamar Kost & Kontrakan

Penurunan ini akan terjadi di area yang berdekatan pada gedung perkantoran dan universitas.

Bila memang benar jumlah Karyawan & Mahasiswa dimasa depan akan berkurang maka bisnis penyedia sewa kamar & kontrakan pada area perkotaan pun akan mengalami kemunduran. Tingkat kebutuhan sewa kamar & kontrakan akan bergeser ke area kabupaten dan kota-kota kecil di indonesia.

Industri Pariwisata Memerlukan Waktu Untuk Bergairah Kembali

Ketika Ibu Sri mulyani di wawancara Beliau bilang bahwa industri pariwisata akan cepat kembali normal.

Tapi menurut Saya tidak semudah itu ..

Mungkin untuk anak muda yang pekerjaannya tidak terganggu mereka sudah tidak sabar ingin relaksasi di berbagai tempat pariwisata .

Tapi untuk orang yang sudah berkeluarga dan berumur Pergi ke Supermarket saja jantung mereka berdetak lebih cepat . Ketakutan dapat terpapar virus corona tidak akan mudah dihilangkan dalam waktu cepat.

Lagi pun bagaimana bisa Orang berpikir rekreasi bahwa nyatanya Mereka harus memikirkan nasib Perut & tempat tinggal. Prioritas utama sebagian besar warga adalah agar tetap bertahap hidup bukan rekreasi.

Bisnis Restoran Harus Kembali Beradaptasi

Di beberapa negara walaupun mereka sudah membuka Lockdown tetapi tetap saja pembatasan kegiatan sosial gencar dilakukan di area publik seperti di mall , cafe , restoran dan tempat wisata.

Khususnya untuk bidang restoran & cafe memiliki kebijakan hanya membatasi maksimal 40% dari total kapasitas ruangan. Meja -meja harus diatur dengan jarak tidak berdekatan. Semoga saja Di indonesia tidak mengikuti kebijakan konyol seperti it.

Para pemilik bisnis kuliner yang menawarkan in Dining service yang akan mengalami tantangan lebih berat ketimbang fast food chain. Sejak sekarang seharusnya mereka sudah mempersiapkan produk alternatif yang bisa bersaing ketika masa PSBB/ Lockdown selesai.

Kesempatan Besar di industri manufaktur & peluang export

Bila Memilih jenis produk yang tepat sangat terbuka kesempatan kita untuk memasarkan Produk ke negara tetangga . Banyak negara berkembang yang membutuhkan impor untuk memenuhi kebutuhan negara mereka .

Saat ini adalah kesempatan para pelaku industri manufaktur indonesia , dari terakhir info yang Saya terima pemerintah kita serius membetulkan proses birokrasi Export untuk pelaku usaha UMKM.

Hal Yang Akan Terjadi Ketika Kasus Corona Usai 1 H3NDY

Ringkasan

  • Dunia bisnis akan mengalami perubahan dari segala tingkat dan sektor
  • Dunia pendidikan akan mengalami perubahan , kelas online akan menjadi lebih efektif ketimbang sekolah konvensional.
  • Penggunaan Gedung perkantoran di kota-kota besar akan semakin berkurang , digantikan dengan rukan di area kabupaten dan kota-kota kecil .
  • Kebutuhan Kamar kontrakan / kost di kota-kota besar pun akan semakin berkurang , karena jumlah karyawan & mahasiswa mengalami perubahan.
  • Industri pariwisata masih memerlukan waktu untuk kembali bergairah, warga kita memiliki masalah perut yang lebih serius ketimbang pariwisata.
  • Bisnis Kuliner mengalami perubahan yang besar.
  • Industri manufaktur & exporter memiliki peluang besar untuk menjadi lebih besar.
  • Bila anda menyukai tulisan ini pastikan Anda sudah membaca Series Grand Exit 

Promosi Terbaru

sponsor

Lihat Artikel Ini juga

logo h3ndy

Subscribe GRATIS

file latihan & ebook setiap minggu

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print

Ask Anything

Silahkan ajukan pertanyaan melalui form yang tersedia.

Button Text

Pesan Terkirim

15 - 120 menit

waktu respon konfirmasi pembayaran

1 x 24 jam

waktu respon pertanyaan umum & bisnis.

whatsapp / email

Anda akan kami hubungi melalui Whatsapp / email​

link ebook

Sistem kami otomatis akan mengirimkan Link download ebook ke Email anda setelah pembayaran kami terima .

(*) Periksa juga kotak spam / junk mail.

follow