Project pembuatan meja belajar ini bisa terjadi karena cerita nya berawal dimana anak saya bila sedang mengerjakan pekerjaan rumah / belajar dia selalu ingin berada di ruang tengah bagian rumah kami . Padahal kami sudah menyediakan dia sebuah ruangan khusus untuk bermain dan belajar tapi dia lebih menyukai berada pada ruangan tengah .

Masalahnya adalah ruang tersebut tidak besar dan tidak memiliki meja apa pun sehingga anak kami bila sedang mengerjakan tugas sekolah dia memakai sofa sebagai pengganti meja .

Sebuah solusi

Kami tidak ingin menaruh meja pada ruangan tersebut dikarenakan ruangan tersebut tidak lah besar bila kami menaruh meja maka akan terlihat lebih kecil . Maka solusi yang saya punya adalah saya harus mendesain sebuah meja yang dapat di lipat sehingga dapat disimpan bila meja tersebut tidak sedang digunakan .

Sketch awal meja lipat

Seperti biasa saya melakukan sketch menggunakan program CAD dan melihat beberapa kemunggkinan desain yang dapat dibuat .

meja belajar lipat

Proses pembuatan meja belajar lipat

Meja dibuat dengan cara sederhana menggunakan pocket joint , papan yang digunakan adalah multipleks ketebalan 18mm .

Seharusnya artikel ini ditulis dengan tutorial DIY step by step pada awalnya , Tetapi sayangnya server blog h3ndy terdapat masalah dan saya kehilangan seluruh database blog yang saya tulis dari tahun 2016 hingga 2019 . Dari mulai may saya terpaksa harus menulis ulang kembali artikel yang saya pernah buat menggunakan file yang berhasil diselamatkan .

Hasil akhir meja belajar lipat

Saya sangat senang dengan hasil akhir meja lipat tersebut karena hasil desain top table sangat berfungsi baik dan ukuran meja tersebut sangat pas dengan sudut penyimpanan ruangan kami .

Terima Kasih

Terima kasih telah mampir di blog pribadi Hendi siswanto sebuah media dimana saya membagikan pengalaman dan ide-ide yang berkaitan tentang media desain ,produksi produk dan berbagai macam hal lainnya . Dan dalam blog ini pun saya menjual karya-karya saya seperti buku dan produk eksklusif yang saya produksi secara terbatas.