Cerita berawal ketika Saya sedang menikmati pemandangan kota macau dari dalam taxi . Walaupun lelah dan sedikit mabuk laut Saya masih tetap bersemangat dan harus fokus untuk mengingat rute jalan. 

Jam menunjukkan pukul 01.00 pm dengan cahaya matahari yang terik . awalnya sih pemandangan kota tersebut biasa saja bangunan-bangunan tua dan seperti kurang terawat . Tapi setelah perjalanan -+ 20 menit Pemandangannya pun berbeda . 

 

Bangunan bangunan besar dan mewah terlihat ! Dalam hitungan detik emosi saya berubah seperti anak kecil masuk ke toko mainan !

Crazy ! 

Setelah 30 menit perjalanan akhirnya kita akan masuk ke area macau baru aka “las vegas of asia” Dari kejauhan saya melihat sebuah bagunan yang memiliki bentuk yang sangat unik dan rumit . Otak saya terhenti sesaat tanpa bisa berkata-kata . 

Semakin kita mendekati bangunan tersebut semakin sulit bagi saya untuk memproses “ bagaimana cara nya ada orang bisa membuat bangunan seperti ini ?

Zaha Hadid Queen of The Curve 1 H3NDY

Morpheus : city of dream macau

Zaha Hadid Queen of The Curve 2 H3NDY

2019 didepan gedung city of dream macau

Setiba di kamar hotel Saya pun langsung mengambil laptop dan melakukan riset siapa orang “gila” yang membuat bangunan tersebut . 

zaha hadid the queen of curve

Zaha Hadid

Zaha Hadid Queen of The Curve 3 H3NDY

Morpheus building city of dream macau

Beliau adalah satu-satu nya arsitek perempuan yang mendapatkan penghargaan  “Pritzker Architecture Prize” penghargaan tertinggi untuk bidang Arsitetur. 

Rorbes bahkan memasukan beliau menjadi top 100 powerful women in the world .

Karya beliau selama 22 tahun terakhir selalu mendapatkan penghargaan tertinggi dan perjalanan hidupnya mendobrak norma-norma dunia arsitektur sangat mengesankan dan patut dijadikan inspirasi untuk generasi-generasi muda. 

Dalam tulisan ini Saya akan mendokumentasikan poin penting yang saya ambil dari perjalanan hidup Zaha hadid dan karya beliau.

Kritik dan Penolakan

Pada awal beliau mendirikan Zaha Hadid Architects tahun 1980 perjalanan karir nya tidak sebagus karya desain beliau . Dari tahun 1980 – 1995 project -project zaha hadid architect lebih banyak mendapatkan kritikan dan penolakan .

Yang paling menarik adalah cerita tentang cerita bangunan Guangzhou Opera House . 

Jadi sebenarnya pada tahun 1995 Zaha hadid sudah memenangi project tender untuk membangun opera house di Inggris . 

cardiff opera house zaha hadid

Tapi sayang nya project tersebut mendapatkan kritikan keras dari politisi – politisi berpikiran sempit pada akhirnya Zaha Hadid di depak dari project tersebut 3 hari sebelum hari natal .

Menariknya Tahun 2010 tepat 16 tahun kemudian Guangzhou Opera dibuka untuk publik . Bangunan tersebut dibangun menggunakan rancangan desain yang sama dengan cardiff bay opera house. 

Guangzhou opera house

Guangzhou Opera House menjadi bangunan yang sangat populer saat ini memenangi banyak penghargaan dan menambah daya tarik wisata ke kota guangzhou .

Kunci permainan

Selalu percaya dengan Ide kita sendiri jangan pernah membuang ide tersebut . Bila tidak ada orang yang mengkritik berarti ada yang salah dengan ide tersebut.

Tantangan membawa kegembiraan

Zaha hadid sangat menyukai tantangan untuk dia memberikan sesuatu yang tidak terduga adalah kegembiraan.Bagi dia menunjukan sesuatu hal yang tidak terduga adalah kenikmatan. 

Hal tersebut dapat kita lihat dari karya-karya yang beliau hasilkan dalam 40 tahun terakhir .

galleri diatas hanya 4 project yang saya pilih dari ratusan project zaha hadid . kunjungi zaha-hadid.com untuk melihat karya-karya beliau

Ratu kurva

Dia mendapatkan julukan “Queen of curve” karena ciri khas karya desain Zaha hadid adalah bentuk bentuk kurva yang sangat tidak biasa untuk sebuah gedung . Tingkat kerumitan dan selalu memperhatikan detail project. Bila anda melihat nya secara langsung Saya yakin pikiran Anda akan berhenti sejenak dan bertanya-tanya apakah Anda di dalam mimpi.

kunjungi zaha-hadid.com untuk melihat karya-karya beliau

Kritikan dan perlawanan menjadi tekad untuk sukses

Pada konteks ini kita harus mengetahui Zaha hadid adalah perempuan berdarah irak yang meniti karir di london . Bukan cuma mendapatkan kritikan tetapi dia pun sering menerima perlakuan racist dan diskriminasi . 

 

Pada satu interview dia mengatakan pekerjaan yang paling sulit untuk dia adalah mengatasi penolakan yang selalu terjadi terlebih lagi karena dia perempuan dan minoritas , setiap saat dia selalu mendapatkan perlawanan , tetapi dia berkata semakin banyak perlawanan dan kritikan dia terima hal tersebut malah memberikan Dia tekad yang lebih besar untuk menjadi sukses. 

Penghargaan & Penghormatan 

Zaha Hadid Architect adalah agensi arsitek bisa dibilang agensi paling sibuk di dunia  , Mereka memiliki tercatat 950 rancangan desain dan project mereka tersebar di 44 negara di dunia . Sejak tahun 2000 hingga tahun 2020 Zaha Hadid Architect karya-karya mereka selalu mendapatkan penghargaan .

Bila kita hitung setidaknya Zaha Hadid mendapatkan total 150 penghargaan dalam 25 tahun terakhir.

Karya Selain Bangunan Arsitektur 

Selain menghasilkan karya-karya dalam dunia arsitektur Zaha hadid memiliki karya yang sukses dalam bidang Fashion . Dia pernah berkolaborasi dengan brand fashion seperti Bvlgari  , louis vuitton , charlotte olympia dan melissa Shoes . 

karya desain zaha hadid

Inspirasi 

Pada suatu interview Zaha hadid pernah bercerita tentang inspirasi dari ide karya dia . Dia berkata dia selalu menyukai melihat lukisan abstrak . Dia pun bercerita karya-karya lukisan Seniman Kazimir Malevich mempengaruhi ide-ide desain pada karya dia . 

lukisan karya Kazimir malevich

lukisan karya Zaha Hadid

Zaha Hadid Queen of The Curve 4 H3NDY

Ringkasan Zaha Hadid : Queen of the curve

Ideologi beliau memperjuangkan ide dalam setiap karyanya adalah hal terbaik yang pernah saya ketahui dalam hidup . Beliau dengan semangat selalu mendobrak norma pemikiran sempit dan menyumbangkan kultur baru dalam kehidupan dan dunia desain .  

Promosi Terbaru

sponsor

Lihat Artikel Ini juga

logo h3ndy

Subscribe GRATIS

file latihan & ebook setiap minggu

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print

Ask Anything

Silahkan ajukan pertanyaan melalui form yang tersedia.

Button Text