Selasa 14-may-2019 menjadi hari paling mengesalkan ! Berawal pada siang hari saya membuka website h3ndy.com pada halaman utama terdapat pesan error “Database not found/corrupt”.

Kaget dong akhirnya saya membuat cpanel dan memeriksa database server , belum selesai membuka halaman pengaturan server saya melihat inbox dan ada pesan penting yang belum terbaca dari provider server .

“We’re Sorry “

Subject pertama yang saya baca dan langsung membuat perut saya mendadak mulas .

Inti pesan dari email yang saya terima adalah Server hosting yang saya mengalami masalah . Mereka berhasil menyelamatkan file media tapi tidak berhasil menyelamatkan file database .

Yang menjadi masalah adalah blog h3ndy mempunyai file backup , dikarenakan saya baru pindah ke server tersebut beberapa hari yang lalu .. Semua masih dalam tahap pengaturan dan tidak ter pikirkan sama sekali untuk melakukan backup .

Tanpa file database semua data tulisan artikel h3ndy.com yang saya kerjakan selama 3 tahun terakhir ini lenyap tanpa jejak .. it’s very make me frustrate.

Bukan hanya harus menulis ulang artikel-artikel tapi saya pun harus mengatur keseluruhan blog dari 0 . Itu yang membuat saya down untuk beberapa hari

Karena menyesali sesuatu tidak dapat mengembalikan blog saya seperti semula . Maka saya mencari cari yang paling efisien untuk mengatur ulang kembali blog h3ndy.com .

setelah 2 minggu mengatur ulang theme dan toko online pada akhirnya hari ini saya melakukan pengetesan .Menulis artikel pertama saya untuk blog dengan sistem terbaru lebih clean dan up to date .

Bila saya pikir kembali saya merasa saya sangat beruntung masalah server ini terjadi , Karena sistem blog h3ndy semakin lebih up to date . Dan juga saya mempelajari teknik teknik baru untuk mengatur blog wordpress dan toko online digabung menjadi satu domain agar lebih terlihat rapi dan lebih efisien.

Terkadang kita bisa merubah musibah menjadi kesempatan untuk memperbarui diri