Tidak terasa sudah lebih dari 2 bulan saya tidak lagi melakukan update di blog h3ndy.com , Jujur saja sebenarnya saya sedikit merasa jengkel dengan diri sendiri , Karena pada awal tahun 2019 saya sudah berjanji akan menulis 1 tulisan setiap minggu nya . 

Tetapi setelah 6 – 7 bulan berjalan Saya mulai semakin lambat untuk mencari topik-topik baru yang ingin Saya bahas . Bukan sesuatu yang bisa di banggakan . 

Dalam tulisan ini Saya ingin membagikan (mendokumentasikan) pekerjaan yang Saya lakukan selama 11 bulan terakhir. Tahun 2020 adalah tahun terbaik yang pernah Saya alami ! , banyak sekali manfaat dan pengalaman yang bisa Saya dapatkan pada tahun yang sangat aneh ini , 

Bulan Januari – Febuari 2020 

Sejak tahun 2019 Saya dan Istri sudah mempunyai rencana untuk membangun bisnis baru , tetapi pada saat itu kami masih belum mengetahui bidang mana yang akan benar kita pilih. 

Awal-awalnya kami memilih bidang Bisnis Local Tour tetapi setelah 3 bulan kita pelajari dan membangun sistem website . Hati Saya memutuskan untuk tidak melanjuti kembali project tersebut . 

Bulan Maret 

Ketika Pandemic mulai di indonesia beberapa kota besar diberlakukan PSBB , Saya memutuskan untuk membuka Kelas Online Desain Grafis . Kelas online tersebut bisa dibilang sukses dalam 5 bulan Saya mendapatkan 16 peserta yang tersebar di seluruh indonesia .

Kelas online

2 Bulan Menjadi Graphic Designer

program pelatihan untuk Kamu yang ingin mempunyai skill desain grafis yang berguna untuk dunia bisnis era digital

Bulan April

Resesi Ekonomi dan jatuhnya bisnis retail fashion di seluruh dunia , ratusan toko dan jutaan manusia kehilangan pekerjaan . Pada momen itu Kami mendapatkan Ide untuk membangun sebuah model bisnis yang baru , unik dan digitized . 

Kami pun mempelajari ratusan case study yang berhubungan dengan retailer , e commerce dan fashion industry . Seperti vampire yang haus darah Kami haus dengan informasi dan data . 

Pada saat yang bersamaan Setiap hari saya mempunyai tugas untuk membagikan Ilmu desain & marketing kepada peserta creator design class. 

Dan disaat yang bersamaan juga Saya harus menulis berbagai macam artikel dan case study untuk peserta creator design class . 

Tentunya karena pandemic Project bisnis utama saya pun tidak ada jadi pada saat itu Saya bisa melakukan banyak hal secara bersamaan.

Bulan Mei 

Bulan Mei Akhirnya kami sudah mendapatkan fondasi model bisnis yang cocok untuk Bisnis yang akan kita buat. Kita pun memulai membangun sistem informasi bisnis tersebut . 

Disaat yang bersamaan Kami mulai melakukan jalinan kerja sama dengan distributor besar di indonesia . bisa dibilang Case study yang kami pelajari dengan kondisi bisnis dunia nyata adalah Hal yang sangat berbeda . Jadi Kami harus banyak melakukan kesalahan dan terus membangun hubungan produktif. 

Bulan September

Saya sangat menyepelekan sistem informasi yang sedang kami bangun , Pada awalnya saya berpikir semuanya akan selesai dalam hitungan 2 bulan. 

Tapi ternyata Kami membutuhkan waktu sampai 5 bulan untuk membuat sistem informasi yang sesuai dengan model bisnis kami kedepan . 

Pada bulan ini Saya pun memutuskan untuk memberhentikan pendaftaran program pelatihan creator design class . Karena pada titik ini Kami membutuhkan waktu full time 12 jam setiap hari untuk mempersiapkan seluruh kebutuhkan bisnis channeldty.com 

Dari sistem informasi , stok barang , server , legalitas , media promosi , gudang , studio , dus , pengiriman , agen penjual , supplier dan puluhan hal lain nya. 

Bulan Oktober

Oktober 10-10-2010 kami pun meluncurkan website Channeldty.com pada saat itu baru tersedia 30 produk dan beberapa artikel . Kami secara spesifik membagikan link tersebut untuk orang-orang terdekat terlebih dahulu . 

Disaat yang bersamaan Kami sudah mulai berjualan beberapa produk , dan mulai mempromosikan model bisnis kami kepada customer .

screenschoot project library

Model bisnis baru

Seperti yang kita tahu saat ini Siapa saja dapat berjualan online puluhan marketplace yang mudah digunakan bisa digunakan oleh siapapun tanpa biaya. 

Untuk Hal tersebut lah Kami mendapatkan sebuah peluang baru dengan model bisnis kami . Tentunya tidak bisa saya dapat bagikan dalam tulisan ini :p 

Tapi pada intinya model bisnis yang ingin Kami buat membutuhkan waktu pengerjaan yang sangat memakan waktu . Beruntungnya Saya sudah memiliki resource dan pengetahuan yang cukup sehingga Kami masih bisa bertahan dan semakin menjadi Ahli setiap hari . 

Harga yang harus dibayar

Mentor Saya selalu berkata “Kamu tidak bisa mendapatkan semuanya , Ada harga yang harus dibayar “ 

Pada momen ini Saya harus memilih untuk siap melepaskan semua yang pernah saya raih dalam 12 tahun terakhir dan mulai kembali dari 0 dengan bisnis yang baru ini, 

Bila Saya sudah siap kehilangan semua yang kita miliki , Maka tidak ada lagi “Mental Block” yang bisa menghalangi saya dalam membuat keputusan-keputusan penting.

Prioritas

Saat ini prioritas Kami adalah ingin mengenalkan model bisnis channeldty.com , Target kami adalah mendapatkan 50 agen pada tahun 2021 . 

Dan sebisa mungkin Saya kan mencoba mencuri-curi waktu untuk membahas topik-topik yang menarik di h3ndy.com .

Oh iya dalam kesempatan kali ini juga Saya ingin memberikan informasi tentang peluang membangun bisnis online tanpa bersama channeldty.com . 

Bila memungkinkan Bantu saya sebarkan informasi ini kepada teman-teman dan saudara kalian . Kami mempunyai model bisnis yang unik dan menguntungkan. 

Promosi Terbaru

sponsor

Lihat Artikel Ini juga

logo h3ndy

Subscribe GRATIS

file latihan & ebook setiap minggu

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print

Ask Anything

Silahkan ajukan pertanyaan melalui form yang tersedia.

Button Text

Pesan Terkirim

15 - 120 menit

waktu respon konfirmasi pembayaran

1 x 24 jam

waktu respon pertanyaan umum & bisnis.

whatsapp / email

Anda akan kami hubungi melalui Whatsapp / email​

link ebook

Sistem kami otomatis akan mengirimkan Link download ebook ke Email anda setelah pembayaran kami terima .

(*) Periksa juga kotak spam / junk mail.

follow