Melakukan Riset Sebelum Membuat Konten

Ide menulis artikel ini berawal ketika saya sedang melakukan riset marketing untuk bisnis Jasa Desain & Pembuatan website . Dimana saya harus mencari cara mencari target konsumen bisnis online dengan cara yang lebih efisien. 

Dari hasil riset yang saya lakukan ternyata banyak sekali orang mengunjungi konten berjudul clickbait tanpa konteks yang jelas . Bahkan 75% konten yang beredar adalah hasil copy paste .

Ketika melihat itu saya melihat kesempatan besar dan akhirnya memutuskan akan membuat konten yang berhubungan proses menjalankan bisnis online & marketing.Dan tentunya dengan Perspektif dan filosofi bisnis yang tidak mediocre .

Pada tulisan ini saya membahas proses yang saya lakukan ketika menentukan target konsumen untuk bisnis online. Saya pun membagikan tools yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi detail target konsumen .

Cara Mencari Target Konsumen Bisnis Online

Ketika berbicara tentang konsumen maka hal akan menjadi sangat sensitif dan rumit akhirnya akan menjadi topik yang akan dihindarkan oleh sebagian besar perintis bisnis online.

Karena rumit pada akhirnya kita akan mencoba menawarkan produk / jasa yang mereka punya kepada siapapun yang mereka bisa tawarkan.

Atau yang paling mediocre kita akan mengikuti strategi pesaing bisnis kita yang kita pikir sudah “sukses”.

Proses Menentukan Target Konsumen Bisnis Online

Sebenarnya proses menentukan target konsumen bisa sangat mudah bila kita ingin meluangkan waktu beberapa hari untuk melakukan riset . Berikut Saya akan bagikan proses yang saya lakukan.

Membuat table informasi sederhana :

Usia 18 – 35 Tahun
Gender Wanita & Pria
Status Sosial Karyawan , Pengusaha , Spesialis , Artis , Dsb
Pekerjaan Dokter,retailer,dagang,jualan pizza , dsb
Kegiatan kegiatan yang mempunyai relasi dengan produk / jasa yang Kita tawarkan
Pendapatan pendapatan perbulan / pertahun
Gadget yang digunakan Desktop / handphone / tablet / dsb

 

Ketika mendapatkan demografi yang cocok untuk produk bisnis online proses selanjutnya saya menggunakan tools yang telah disediakan oleh Google dan Facebook untuk melihat jumlah target konsumen yang aktif menggunakan media sosial.

Untuk dapat memanfaatkan alat ini kamu harus memiliki Facebook ads account atau Google ads. Pendaftaran dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya . 

Facebook Audience Insights

Google ads keyword planner

Luangkan waktu dan tanpa bosan lakukan pengecekan nilai engagement & konversi setiap hari.

Cara Mencari Target Konsumen Bisnis Online 1 H3NDY

Mengukur Kinerja Iklan & Konten Melalui Kegiatan Pengunjung

Untuk proses mengukur prosesnya memang sedikit teknikal dan kompleks ketika Pertama kali mendengar atau melihat. Tapi begitu kita sudah memahami konsep nya Proses ini sangat menyenangkan dan Sangat sangat membantu Saya menekan biaya budget iklan . 

Google analisis menyediakan sistem yang menampung seluruh kegiatan pengunjung suatu website. Dengan pengaturan algoritma yang tepat kita dapat melacak kegiatan pengunjung dan konten yang tepat untuk calon customer bisnis .

lihat gambar a.1 untuk ilustrasi cara sistem analisis bekerja

Cara Mencari Target Konsumen Bisnis Online 2 H3NDY

gambar a.1

Karena Fitur alat google analisis sangat kompleks untuk mempermudah Saya membuat sebuah sistem pelacak dengan Algoritma khusus untuk membantu kebutuhan analisis  untuk mengukur kinerja kampanye iklan atau hasil kinerja konten yang Saya distribusi. 

Dengan plug-in tambahan yang saya buat , Kini saya dapat melacak kinerja konten yang tersedia di halaman website berdasarkan kategori halaman dan event khusus.

Tentunya ini sangat menghemat waktu dan mempermudah Saya menyeleksi tipe konten , visitor dan sumber traffic yang cocok untuk strategi bisnis.

Cara Mencari Target Konsumen Bisnis Online 3 H3NDY

contoh pelaporan hasil analisis berdasarkan kategori halaman dan event 

Iklan :

Hasil analisis yang tampak pada gambar screenshot adalah hasil dari modifikasi sistem yang saya tambahkan .Plug-in tambahan tersebut Hanya saya bagikan dalam Sistem Web Service bisnis saya.

Target Konsumen Untuk Jangka Panjang

Bagi saya waktu adalah segalanya setiap menit yang Saya habiskan pada pekerjaan harus memberikan hasil 10x untuk jangka panjang . 

Ketika Saya membuat konten tulisan yang Kamu baca sekarang ini. Target Saya adalah tulisan pada artikel ini tetap relevan untuk 3 , 5 atau bahkan 10 tahun mendatang. 

Karena Saya tahu dalam 6 bulan kedepan 2 tahun dan 3 tahun kedepan akan ada banyak Calon entrepreneur yang melakukan riset untuk bisnis mereka. 

Setiap calon entrepreneur yang membaca artikel ini maka saya mendapatkan kesempatan untuk menawarkan produk yang relevan kepada mereka. ( yang terpenting mereka memiliki uang )

Karena target saya adalah jangka panjang maka menentukan Target konsumen adalah pekerjaan serius . 

Bila Saya hanya mengejar jumlah views memanfaatkan trends dan clickbait mungkin dalam sesaat Saya akan mendapatkan banyak perhatian . tapi saya percaya dalam waktu tidak lama bisnis Saya pun akan terlupakan.

Sama seperti idol yang mengikuti kompetisi berbakat nasional dalam hitungan minggu mereka dikenal oleh seluruh masyarakat. Tapi ketika masyarakat sudah muak dengan idol tersebut dia akan terlupakan.

Ringkasan Bab

  • Tentukan konsumen sebelum membuat konten / media promosi / produk 
  • Gunakan alat Audience Insight & google keyword planner
  • Memanfaatkan alat analisis untuk menyimpan kegiatan pengunjung website
  • Mengukur kinerja iklan & kegiatan pengunjung menggunakan google analisis 
  • Tentu saja tips yang saya berikan adalah untuk bisnis yang mempunyai website dan memanfaatkan digital marketing untuk kegiatan bisnis mereka.
Cara Mencari Target Konsumen Bisnis Online 4 H3NDY

Bikin Halaman Web Untuk Bisnis Anda

Tingkatkan penjualan dengan mejangkau lebih banyak customer dengan Digital Marketing Pelajari Lebih Lanjut

Ada Pertanyaan atau Masukan Ikuti Saya di Instagram @lifeof.hendy

Atau Halaman Facebook Facebook/lifeof.hendy