Bermain games adalah hal yang saya lakukan setiap hari dari umur 6 tahun hingga remaja dari zaman Nintendo hingga play station 3 hingga online games . Sebut saja console game yang dibuat dari tahun 1995 hingga akhir 2004 dan judul permainannya saya rasa 88% dari judul permainan dan console yang dikeluarkan saya pernah memainkan itu semua .

Tapi sayangnya pada tahun itu saya hanya terus memainkan games tidak mengerti bahwa sebenarnya siapa saja bisa menjadi Game developer dan membuat games dengan imajinasi mereka sendiri.

Sampai pada tahun 2003 dimana saya melihat buku 123step membuat animasi menggunakan makro media . Dari situ saya membeli semua buku yang berhubungan dengan cara membuat animasi dan games menggunakan software Macromedia (flash) , Hingga saya mengambil beberapa course online yang disediakan praktisi-praktisi game developer profesional .

Dari tahun 2005 saya mengasah terus menerus kemampuan saya dibidang media graphic dan pemrograman puluhan animasi dan game sederhana saya buat untuk dimasukkan dalam portfolio.

Lalu saya kirimkan portfolio tersebut ke beberapa perusahaan media di indonesia dan semuanya di tolak. Karena tidak ada yang mau membayar keahlian saya untuk membuat games maka saya harus menggunakan keahlian tersebut untuk menghasilkan suatu games yang bisa dijual dan menghasilkan uang .

Beberapa games saya buat dan puluhan email saya kirimkan kepada publisher games online dan hasilnya ternyata ada beberapa game publisher yang menyukai style game yang saya buat dan akhirnya kita menjadi partner . Saya pun membuat belasan game untuk dia dan akhirnya networking dibidang games developer saya dimulai .

From Freelancer To Entrepreneur

Pada tahun 2011 saya memutuskan untuk berhenti menjadi freelancer game developer dengan begitu saya tidak menerika segala permintaan untuk membuat game untuk partner publisher kami . Kami merubah bisnis kami menjadi Game publisher sendiri yang artinya Kami membuat games lalu kita pasarkan dan monetize sendiri dan semuanya berjalan SEMPURNA puluhan games orisinal kami luncurkan dan mendapatkan hasil dari iklan yang luar biasa . Kami membuat web based game , android dan ios games dan semuanya mendapat tanggapan positive dan hasil yang baik untuk segi bisnis .

Everything is changes by single algorithm

Semua berubah menjadi bencana pada tahun 2013 Р2014 dimana pada tahun itu google baru saja memeset algoritma google search engine . Kami publisher web game terkena imbas nya karena kami bertahun tahun berinvestasi pada judul game dam seo. Semua menjadi bencana dalam hitungan detik dan tidak ada cara kembali normal dengan biaya murah. Pada tahun 2014 badai kedua menghantam industri game developer , yang dimana dulunya game-game berkualitas di app store dan google play biasanya dijual dengan harga 0,99$ . Tapi pada tahun tersebut app store dan google play banjir dengan permainan gratis ratusan games developer bermunculan , Sekarang siapa saja bisa menjadi game developer tanpa harus menguasai bahasa program karena tersedia software gratis  untuk membuat games tanpa memerlukan skill.

Dan pada akhirnya ditahun 2014 saya memutuskan untuk menghentikan seluruh kegiatan game developer 100% . Berhenti adalah jalan terbaik agar tidak terjatuh ke jurang yang lebih dalam .

www.cakgames.com

Beberapa games orisinal kami masih dapat dimainkan di cakgames.com secara gratis
(hanya dapat dimainkan pada PC/Laptop)

Terima Kasih

Terima kasih telah mampir di blog pribadi Hendi siswanto sebuah media dimana saya membagikan pengalaman dan ide-ide yang berkaitan tentang media desain ,produksi produk dan berbagai macam hal lainnya . Dan dalam blog ini pun saya menjual karya-karya saya seperti buku dan produk eksklusif yang saya produksi secara terbatas