Saya memiliki sebuah Sink yang kondisinya masih cukup bagus komplit dengan perelatan pembuangan airnya . Sink tersebut saya dapat dari project renovasi rumah yang saya kerjakan ditahun 2018 akhir . Sebuah sink single berukuran 80 x 40 cm yang sangat cocok bila saya gunakan di workshop sebagai tempat cuci peralatan cat .

Dalam pembuatan rangka meja sink tersebut saya memikirkan sebuah rangka semi permanent , sebuah meja yang dapat dibongkar dan dirakit tanpa sekrup ataupun baut . Tapi pada akhirnya saya tetap memakai 4 sekrup untuk bagian tiang gorden .

Router Template Jig

Dalam project ini saya membuat sebuah router jig untuk membantu untuk membuat lubang kayu sebesar 8cm pada bidang kayu menggunakan mesin trimmer .

Diawal menentukan desain meja sink tersebut saya sedikit melakukan experiment untuk menggunakan seminimal mungkin bahan dan tiang palangan yang digunakan . Saya hanya menggunakan papan berukuran 120 x 80 cm yang dibagi secara khusus agar semua potongan papan digunakan seluruhnya .

Tiga lapisan coating

Sebuah ide terlintas dibenak saya disaat mengamplas papan meja dimana saya bisa beresperimen untuk melakukan tiga lapisan coating pada setiap bagian papan meja sink . Tiga coating yang saya maksud yaitu :

  • Waterproofing paint / waterbod & latex based paint . Bila diindonesia digunakan untuk melapisi sisi luar tembok rumah dan atap yang bocor
  • Acrylic paint untuk pilihan warna saya menggunakan acrylic paint yang berbahan dasar air (waterbond)
  • Glossy Lacquer paint / resin based paint . bila diindonesia lebih sering disebut sebagai cat clear untuk project ini saya menggunakan tipe cat kaleng

Dan tentunya sebelum melakukan lapisan pertama (waterproofing) saya sudah menambal terlebih dahulu lubang bekas paku pada bidang papan  dan kemudian dilanjutkan dengan amplas 3 grit ( 120 , 240 , 400)  .

Saya meluangkan waktu dan bekerja secara teliti untuk proses coating karena meja ini akan berhadapan dengan air setiap harinya maka saya harus memberikan perlindungan secara maksimal pada setiap sudut dan bidang meja .

Hasil akhir meja sink

Dengan total pengerjaan selama 4 hari ( 2-3 jam perhari ) yang sebagian besar waktu tersebut hanya untuk menyelesaikan proses pengecetan dan menunggu cat kering . Dan pada akhirnya saya sangat senang dengan hasil akhir. Kombinasi warna merah dan kuning terlihat sangat menarik dan juga meja tersebut cukup stabil dan berfungsi selayaknya meja wastafel .

Terima Kasih

Terima kasih telah mampir di blog pribadi Hendi siswanto sebuah media dimana saya membagikan pengalaman dan ide-ide yang berkaitan tentang media desain ,produksi produk dan berbagai macam hal lainnya . Dan dalam blog ini pun saya menjual karya-karya saya seperti buku dan produk eksklusif yang saya produksi secara terbatas.