Buat Custom Furniture Bersama Kami

Buat Saya tidak ada yang lebih buruk dari kesalahan desain . Sebuah kesempatan yang sangat terbuang cuma-cuma bila kita tidak memfokuskan secara jelas konsep desain di awal proses.

Pada artikel ini Saya akan menjelaskan beberapa pemikiran dan persiapan yang biasanya Saya lakukan pada saat menyusun konsep desain . Pada kasus ini adalah tentang Desain Interior .

lemari kulkas_5

Kebutuhan , Fungsi dan Estetika

Tiga faktor penting sebelum menentukan konsep desain

Setiap manusia memiliki kebutuhan dan rintangan yang berbeda-beda , Ada orang yang memiliki ruangan besar tapi tidak menyukai banyak kegiatan di rumah . Ada juga orang yang hanya memiliki ruangan terbatas tapi menyukai kegiatan di dalam ruangan saja .

Sebelum saya membuat konsep desain , Saya harus memastikan terlebih dahulu beberapa hal berikut : 

  • Ukuran ruangan
  • Lokasi
  • Kebutuhan.
  • Fungsi.
  • Style.
  • Budget.

Setelah saya mendapatkan seluruh informasi yang diperlukan barulah saya melanjutkan proses penyusunan konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan , fungsi dan estetika . 

Melakukan Riset Bahan & Cara Pembuatan

Menambah referensi konsep desain

Mencari tahu tentang bahan material adalah hal penting karena sebagai designer saya  membutuhkan berbagai referensi bahan material , hal ini sudah saya jadikan rutinitas harian . 

Tentu saja tidak semua proses pembuatan bisa Saya lakukan sendiri . Saya membutuhkan orang lain yang profesional di bidangnya untuk membantu kita mencapai tujuan akhir konsep desain. 

Maka sebelum saya memilih Siapa orang tersebut ,Saya akan melakukan sebuah riset kecil untuk menambah Informasi yang perlu saya ketahui . Dengan begitu Saya bisa menyampaikan konsep desain lebih baik dengan bahasa yang Dia mengerti.

Mempersiapkan Perencanaan Desain

Dan konsisten dengan rencana tersebut

Pentingnya tetap fokus dan konsisten dengan perencanaan konsep desain dari awal hingga akhir , Karena dalam proses pembuatan begitu kita keluar dari jalur maka akan sulit bagi kita untuk kembali ke jalur yang sesuai . Dalam kasus ini yang saya maksud adalah Uang atau Budget .

Begitu tidak konsisten menggunakan budget kita sulit mencapai hasil akhir yang sesuai dengan konsep desain

Selalu latihan , latihan dan latihan hal yang selalu saya lakukan setiap hari , bermain-main dengan rancangan desain dan melakukan beberapa simulasi menggunakan imajinasi . Merancang desain adalah tentang melihat dari berbagai sudut pandang , dan saya adalah menentukan sudut pandang terbaik dari aspek fungsi dan estetika .

Social Media Yang Saya Gunakan :