8 Cara Bersaing di Marketplace

Informasi terbaru
Follow @lifeof.hendi

Dunia bisnis itu penuh dengan Trik , Drama dan Orang- orang serakah dalam kompetisi bisnis tidak ada yang namanya Kompetisi Adil .

Apa pun itu bidang bisnis yang sedang Kamu jalani pasti selalu ada Pemain Besar yang menguasai Market Share. 

Pemain besar tidak segan memanfaatkan Sumber daya , Pengalaman & Power-nya untuk menghancurkan Pemain bisnis kecil .

3 Langkah yang umumnya dilakukan oleh pemain besar untuk mendapatkan Porsi Market lebih besar.

  • Memberikan diskon secara secara rutin untuk tipe barang yang Kamu jual . 
  • Menggunakan Power & Relasi untuk menyerang Kamu menggunakan Hukum . 
  • Mengacaukan Brand Kamu menggunakan Black Campaign

Karena itu sangat penting untuk Entrepreneur meluangkan waktunya mempersiapkan Strategi yang tepat untuk berkompetisi di marketplace . 

Dalam kesempatan ini Saya ingin membagikan 8 Cara Bersaing di Marketplace dengan memanfaatkan sumber daya & pengetahuan. 

1) Mengetahui Kelemahan Kamu 

Mengetahui kelemahan yang Kamu miliki dapat membantu Kamu menyesuaikan langkah strategi ketika berhadapan dengan kompetitor . 

8 Cara Bersaing di Marketplace 1 H3NDY

anglo - spanish war (1585 - 1604)

Pada abad 16 Spanyol dibawah kepimpinan King Philips sedang mempersiapkan pasukan besar dan berencana untuk menginvasi negara Inggris . 

Dalam Angka Kekuatan militer negara Spanyol 2x lebih besar dari negara Inggris , Dengan Kekuatan besar King Philips sangat percaya diri akan memenangkan peperangan dengan mudah . 

Queen Elizabeth I mengetahui kelemahan negara nya , dia memanfaatkan kelemahannya dengan bermain sebagai negara lemah.

Tapi disisi lain Queen Elizabeth menjalin kerja sama ekonomi dengan negara tetangga eropa , Inggris menjadi kerja ekonomi  memangkas sumber daya ekonomi Spanyol .  

Untuk mempertahankan kekuatan militer Spanyol harus mempersiapkan dana sangat besar. 

Dengan dana keuangan yang terus menipis dan masalah ekonomi yang dilancarkan pihak inggris King Philips menjadi tidak sabar dan mulai menyerang . 

Queen Elizabeth I sudah memprediksikan langkah Spanyol dengan persiapan matang Queen Elizabeth & pasukannya inggris menunggu kedatangan pasukan spanyol.

Tentara spanyol masuk ke dalam perangkap , pasukan inggris menyerang mereka dari 4 penjuru mata angin . membakar sebagian besar armada kapal . 

Queen Elizabeth I & Pasukannya memenangkan perang bahkan sebelum perang itu dimulai .

Kunci permainan.

Seperti Queen Elizabeth I Kita harus mengetahui kelemahan diri kita sendiri dan memanfaatkan kelemahan itu untuk mempersiapkan 5 langkah kedepan sebelum kompetitor menyadari mereka telah masuk ke dalam permainan yang Kamu ciptakan. 

2) Mengetahui Kelemahan Kompetitor .

8 Cara Bersaing di Marketplace 2 H3NDY

 

Kamu tidak bisa mengalahkan kompetitor di area yang dia Kuat , Kamu harus mencari kelemahannya serang dia di area kelemahan.

Michael jordan membutuhkan waktu 7 tahun hingga akhirnya dia mengerti apa yang dibutuhkan untuk membawa tim Chicago Bull menjadi no 1 .

Kobe Bryant sebelum bertanding selalu meluangkan waktu melihat puluhan jam rekaman video pertandingan lawan .

Kunci permainan.

Setiap orang memiliki titik atau area kelemahan tugas Kamu cari & manfaatkan kelemahan-nya untuk memenangkan pertandingan. 

3) Kuasai 3 Hal yang bisa Kamu lakukan lebih baik. 

Bila mau memenangkan pertandingan Maka pilih pertandingan yang bisa Kamu menangkan atau buat sendiri peraturan pertandingan-nya . 

Kuasai Tiga Hal yang kompetitor-mu tidak bisa lakukan dan lakukan hal tersebut sebaik mungkin . 

8 Cara Bersaing di Marketplace 3 H3NDY

riset - upgrade - riset

Contoh : 

  • Menawarkan jasa service extra
  • Menawarkan garansi uang kembali 
  • Menawarkan produk custom 
  • Menawarkan konsultasi gratis 

Kunci permainan.

Menawarkan hal yang tidak bisa/belum dilakukan oleh kompetitor. Beri customer service pelayanan yang mereka tidak dapatkan dari tempat lain. 

4) Fokus pada spesialisasi

Pemain besar cenderung melakukan generalisasi ketika melakukan kampanye , Fokus mereka adalah mendapatkan banyak orang di berbagai macam segmen.  

Untuk mengambil market share dari kompetitor Kamu harus fokus dalam spesialisasi tertentu . Target segmen secara spesific berikan penawaran yang kompetitor tidak berikan .

8 Cara Bersaing di Marketplace 4 H3NDY

generalisasi vs spesialisasi

Contoh : 

Daihatsu menawarkan mobil pickup dan minivan untuk keperluan bisnis kelas menengah.

8 Cara Bersaing di Marketplace 5 H3NDY

Toyota menawarkan mobil MPV yang nyaman dan multifungsi dengan harga yang lebih murah dari mobil eropa .

8 Cara Bersaing di Marketplace 6 H3NDY

Scania menawarkan Bus and Truck dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang kompetitif dibandingkan kompetitor.

8 Cara Bersaing di Marketplace 7 H3NDY

 

Kunci permainan.

Menentukan Target Segmen pasar secara spesifik adalah Hal yang jarang dilakukan oleh pemain besar. Ambil kesempatan ini buat sendiri segmen pasar Kamu sendiri.

5) Jangan terlihat kecil

Bila Kamu berbadan kecil , pendek , kurus maka Kamu adalah target yang mudah untuk kena bully. Jangan pernah terlihat kecil di depan mata kompetitor , Kamu harus terlihat besar sehingga kompetitor merasa ragu dan segan ketika melihat keberadaan kamu .

8 Cara Bersaing di Marketplace 8 H3NDY

Tentara NKRI demonstrasi kekuatan militer yang melebihi negara israel

TNI NKRI (negara kesatuan republik indonesia) rutin melakukan simulasi perang dan menunjukan kekuatan militer kepada dunia. 

TNI mengundang para reporter media untuk datang meliput aktivitas , Dalam hitungan jam seluruh dunia melihat kekuatan militer Indonesia .  

Semakin besar Kamu terlihat semakin segan kompetitor ingin menyerang ,

Kunci permainan.

Ketika Kamu masih kecil Kamu harus terlihat besar jangan menunjukan kelemahan Kamu kepada kompetitor.

6) Gerak cepat

Kompetitor besar cenderung bergerak lambat karena mereka memiliki sistem birokrasi bertingkat. Manfaatkan keuntungan ini untuk membuat Kamu bisa bergerak lebih cepat . 

Ketika era CD & Kaset  Sony corp adalah perusahaan dengan share market besar di industri musik , Sony memiliki Label musik terbesar dan produk hardware musik terfavorit .

Tim R&D Sony pernah mengajukan sebuah ide tentang membuka Digital Music Store , dimana customer bisa membeli & mendownload musik favorit langsung ke mesin MP3 Sony .

Tapi Ide tersebut ditolak oleh petinggi Sony dengan alasan penjualan musik harus dengan album fisik karena lebih menguntungkan . 

8 Cara Bersaing di Marketplace 9 H3NDY

Tahun 2001 Steve jobs meluncurkan iTunes media player . sebuah revolusi industri music digital .

Customer dapat membeli musik favorit mereka dengan harga $ 1 dolar (10 ribuan) dalam hitungan bulan Apple mengambil porsi market industri musik .

Kunci permainan.

Pemain besar memiliki sistem birokrasi dan politik organisasi yang membuat mereka bergerak lambat.

7) Pelajari Sejarah 

Sejarah memberikan Kamu pengetahuan tentang konteks & Strategi yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Saat ini dengan internet & gadget semua orang memiliki akses ke Perpustakaan & Video tutorial .

Tugas Kamu adalah memanfaatkan waktu luang Kamu untuk menggali informasi yang berguna. 

8 Cara Bersaing di Marketplace 10 H3NDY

gadget Anda memiliki akses ke seluruh perpustakaan di dunia

Napoleon Bonaparte sangat menyukai membaca buku dia mempelajari sejarah dari perang , budaya , Religi , drama hingga kelakuan manusia. 

Napoleon Jendral perang ter sukses dan menjadi Kaisar Perancis yang menguasai hampir seluruh bagian eropa . Dia pun menulis kitab undang-undang yang digunakan sebagai dasar bentuk hukum di berbagai sistem hukum dunia .

Bila kamu membaca tulisan ini Maka kamu sudah berada di jalur yang tepat , Pengetahuan adalah investasi yang jarang orang lakukan . Orang sukses di dunia ini memanfaatkan pengetahuan dalam strategi mereka .

Kunci permainan.

Bila kamu membaca tulisan ini Maka kamu sudah berada di jalur yang tepat,Pengetahuan adalah investasi yang jarang orang lakukan . 

Orang sukses di dunia ini memanfaatkan pengetahuan dalam strategi mereka .

8) Kolaborasi dengan kompetitor

Pemain besar cenderung mempunyai banyak musuh , Jalin  kerja sama dengan kompetitor yang memiliki musuh sama. Buat aliansi yang bisa menguntungkan untuk kedua pihak. 

8 Cara Bersaing di Marketplace 11 H3NDY

Ilustrasi kolaborasi bersama kompetitor untuk mengalahkan pemain besar

Indonesia dan Malaysia melakukan kerja sama dalam sektor minyak sawit untuk mengatasi permintaan besar komoditi minyak sawit dan melawan black campaign. 

Google bekerja sama dengan Samsung mengembangkan smartphone android untuk berkompetisi dengan Apple . 

Rangkul pihak yang pernah dikalahkan oleh pemain besar , mereka memiliki rasa ter sakiti dan pengalaman yang dapat menjadi sumber kekuatan untuk strategi Kamu.

Kunci permainan.

Rangkul pihak yang pernah dikalahkan oleh pemain besar , mereka memiliki rasa tersakiti dan pengalaman yang dapat menjadi sumber kekuatan untuk strategi Kamu.

Belajar dari kesalahan 

Orang sukses belajar dari kesalahan , mereka berani mengakui kesalahan yang dilakukan. Kesalahan ada kesempatan untuk belajar menjadi lebih baik. 

Sangat penting untuk tetap bisa berpikir jernih & cepat bangkit dari keterpurukan . Karena pada prosesnya kita tidak pernah tahu apakah strategi kita akan berhasil atau gagal .

Jalanan menuju sukses selalu dalam pembangunan , Ayo lakukan sekarang bangun jalan menuju kesuksesan dengan cara kamu sendiri.

Referensi : 
download file latihan desain grafis h3ndy

download sekarang

modul ebook & file latihan

verifikasi nama & email untuk memastikan bahwa Anda bukan robot yang ingin mencuri dta

Informasi terbaru
Follow @lifeof.hendi

Artikel Terkait

Kecerdasan Finansial
Kecerdasan Finansial
Kecerdasan finansial investasi terbesar untuk kehidupan adalah cara utama untuk meraih semua impian dalam kehidupan.
Belajar Finansial Melalui Kosakata
Belajar Finansial Melalui Kosakata
Cara mudah belajar Finansial dengan menguasai kosakata finansial yang sering digunakan oleh para bankir.
8 Buku Untuk Kehidupan Lebih Efektif
8 Buku Untuk Kehidupan Lebih Efektif
8 buku rekomendasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih efektif dalam kehidupan Sosial , Bisnis dan Spiritual.
8 Cara Bersaing di Marketplace
8 Cara Bersaing di Marketplace
Pilih pertandingan yang bisa kamu menangkan! Download GRATIS ebook 8 Cara bersaing di marketplace.

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on print